Produksi Ikan

Sosialisasi Penerbitan Sertifikat Kelaikan Kapal Perikanan di PPN Sibolga

Penulis : , | 05/07/2022 16:19

Sibolga, 29 Juni 2022, bertempat di Balai Pertemuan PPN Sibolga dilaksanakan Sosialisasi Penerbitan Sertifikat Kelaikan Kapal Perikanan. Sertifikat kelaikan dan pengawakan kapal penangkap ikan dilaksanakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Kelautan dan Perikanan. Setiap Kapal Perikanan yang akan beroperasi harus memenuhi persyaratan Kelaikan Kapal Perikanan.

Selain itu, ada beberapa kriteria aspek kelaiktangkapan dalam pemeriksaan pemenuhan persyaratan kelaiktangkapan Kapal Perikanan, yaitu: kesesuaian antara ukuran kapal perikanan, alat penangkapan ikan dan daerah penangkapan ikan. Kesesuaian antara daya dorong mesin penggerak utama kapal perikanan dengan ukuran kapal perikanan dan jenis alat penangkapan ikan. Kesesuaian alat penangkapan ikan dengan jalur dan daerah penangkapan ikan. Kesesuaian perlengkapan penangkapan ikan dengan alat penangkapan ikan, tata cara pengoperasian alat penangkapan ikan dan pencegahan terjadinya jaring tanpa pemilik.
Pada kegiatan ini, Kepala PPN Sibolga telah menyerahkan secara langsung Sertifikat Kelaikan Kapal Perikanan kepada Pemilik Kapal, salah satunya yaitu KM. Maharani, dengan alat tangkapan Pancing. Pada saat pembukaan kegiatan ini, Kepala PPN Sibolga juga mengajak seluruh pemilik kapal maupun para pengurus kapal untuk saling bekerjasama agar sertifikat yang akan diterbitkan dapat selesai dengan SOP yang telah ditetapkan. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala PPN Sibolga dan dihadiri oleh para pemilik kapal/pengurus kapal, para petugas Kelaikan Kapal Perikanan, Instansi terkait serta Bapak Andy Sarid Safri, S.St.Pi, M.Si dan Marsidi Pasaribu, SE, M.Si dar