Produksi Ikan

Cuti Lebaran Perusahaan Ekspor Ikan Tutup

Penulis : , | 04/06/2018 14:44

Sungailiat, 04 Juni 2018

Menjelang hari Raya Idul Fitri 1439 H, perusahaan pengekspor ikan tidak melakukan pengiriman ikan ke luar negeri, perusahaan tersebut diantaranya PT. SHL, PT. Sanjaya Fish dan CV. Maju Jaya Fish. Ketiga perusahaaan ini yang menampung produksi ikan kualitas ekspor di PPN Sungailiat diantaranya Ikan Pari Kembang, Kerapu Sunu, Kakap Merah, Kerapu Karang, Bawal Hitam, Tenggiri dan jenis ikan lainnya yang masuk dalam kategori ikan ekspor untuk beberapa hari kedepan menghentikan aktifitasnya hal ini karena karyawan mereka rata-rata muslim sehingga mengambil cuti lebaran.

“Kalau gak tanggal 7 atau 8 juni perusahaan ekspor ikan tidak kirim ikan dulu, kira-kira sampai tanggal 17 juni liburnya, sebenarnya pada tanggal itu mereka masih menerima ikan dari kami, tapi harganya turun dari hari-hari biasa, padahal nelayan pulang melaut sampai malam H-1 sebelum lebaran, Kata Pak Otong (Pengelola Kapal Bos Josep-red)”.

Lebih lanjut Pak Otong menyampaikan, Kapal kami kebanyakan operasional dengan alat tangkap jaring pari (jaring insang tetap-red), kita tidak bisa menjual hasil tangkapannya ke pasaran lokal, jadi karena sebagian nelayan mudik maka sebagian nelayan asli dari kab. Bangka beralih ke alat tangkap pancing yang hasil tangkapannya mudah untuk dijual ke pasaran lokal, dan kalau sedang lebaran kayak gini harga ikan tenggiri bisa mencapai Rp 100.000/Kg.