Produksi Ikan

Focus Group Discussion (FGD) Pembangunan Pelabuhan Niaga Prigi

Penulis : , | 21/05/2018 09:09

Trenggalek - Focus Group Discussion (FGD) pembangunan pelabuhan niaga prigi merupakan Program Strategis Nasional, sebagai program lintasan perintis selatan jawa, jadi bukan saja upaya pemda tetapi juga Program pembangunan nasional seperti yang tertuang dalam RIPPN (Rencana Induk Pembangunan Pelabuhan Nasional),  di selatan jawa terhubung mulai Pelabuhan Banyuwangi, Sendang Biru, Prigi,  Pacitan,  Cilacap,  Pangandaran,  Pelabuhan Ratu. FGD ini diselenggarakan oleh  Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur bertempat di aula hotel Haya Wuruk Trenggalek. Acara ini diselenggarakan selama dua hari yaitu tanggal 13 dan 14 Mei 2018.

Acara ini dihadiri oleh dinas terkait, diantaranya : Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan dan Perikanan, Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, SatPol PP, dan unsur Muspida Kabupaten Trenggalek dan Muspika Kecamatan Watulimo. Hadir juga masyarakat terdampak pembangunan Pelabuhan Niaga Prigi berjumlah 100 orang yang diwakili 21 orang dalam FGD ini.

Setiap proses tahapan pembangunan pasti ada konflik,  namun tujuan pemerintah utk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Prigi pada khususnya dan masyarakat Trenggalek umumnya serta masyarakat Indonesia secara nasionalnya. Perlu komitmen untuk titik temu di setiap perbedaan/selisih sudut pandang.

Pelaksanaan pembangunan pelabuhan  niaga diupayakan Pemerintah untuk manfaat yang maksimal bagi masyarakat. Memberikan akses kepada masyarakat lokal untuk memanfaatkan lebih pembangunan pelabuhan niaga (meningkatkan pertumbuhan ekonomi, akses wisata,  tenaga bongkar muat,  dan lain sebagainya).