Produksi Ikan

Rapat Koordinasi Kepelabuhan Perikanan Dinas Perikanan Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Timur

Penulis : , | 21/05/2018 08:42

Probolinggo - Selasa (8/5/2018) bertempat di UPT PTSKP Probolinggo diselenggarakan Rapat koordinasi kepelabuhan perikanan lingkup DKP Jawa TImur. Sebagai pembina Pelabuhan Perikanan di wilayah selatan Jawa Timur Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi diundang sebagai narasumber penerapan PIPP di Pelabuhan Perikanan. Dari 538 Pelabuhan Perikanan Layak Operasional, saat ini baru terdapat 143 Pelabuhan Perikanan baik UPT pusat maupun UPT Daerah yang tergabung dengan PIPP. Terdapat Keputusan Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Nomor 15/KEP-DJPT/2016 tentang Tugas Tambahan kepala Pelabuhan Perikanan  UPT Pusat dalam Rangka Keterpaduan dan Efektifitas Pembinaan di Pelabuhan Perikanan UPTD.  Sehingga perlu ditingkatkan peran UPT Pusat untuk membina Pelabuhan binaannya agar tergabung dalam PIPP

Rapat Koordinasi Kepelabuhanan Perikanan DKP Prop Jatim dihadiri 10 Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (UPT P2SKP) dan/atau yang mewakili (Bulu, Bawean, Pasongsongan, Mayangan, Muncar, Puger, Pondokdadap, Tambakrejo, Popoh, Tamperan), 6 Kepala Instalasi Pelabuhan dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (IP2SKP) dan/atau yg mewakili (Lekok, Paiton, Grajagan. Pancer, Camplong, Kota Pasuruan), Kepala seksi bidang Teknis beserta staf UPT Pelabuhan Perikanan dibawah Pemerintah Propinsi Jawa Timur.

Evaluasi Kinerja Operasional Pelabuhan Perikanan adalah upaya untuk menilai tingkat kinerja operasional yang didasarkan atas ketentuan kriteria teknis dan operasional klas pelabuhan perikanan (sesuai SK Dirjen Perikanan Tangkap No. 20/KEP-DJPT/2015 tanggal 13 April 2015)
Evaluasi kinerja menjadi acuan pengelola pelabuhan perikanan untuk lebih meningkatkan kinerja pelabuhannya dan sekaligus menjadi referensi dalam menilai tingkat keberhasilan pengelola pelabuhan dalam memajukan pelabuhannya. 

Diharapkan setelah penyampain materi Evaluasi Kinerja Operasional Pelabuhan Perikanan berbasis PIPP dan praktek input data pada aplikasi PIPP, kedepan Laporan dan Evaluasi Kinerja Operasional PP UPTD Binaan lebih meningkat dari sebelumnya.

Terdapat 6 UPTD yang belum tergabung dalam PIPP dan ingin bergabung dalam waktu segera. Tindak lanjutnya DKP Prop Jatim mengirimkan surat permohonan ke DJPT utk bergabung dan PPN Prigi juga menyampaikan informasi tersebut kepada Tim PIPP Pusat agar UPTD binaan PPN Prigi bisa bergabung semua dalam PIPP.