Produksi Ikan

Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi Melaksanakan Tradisi Warisan Para Wali "Megengan"

Penulis : , | 02/05/2018 14:10

PRIGI - Megengan biasanya dilakukan menjelang minggu terakhir di bulan Sya’ban. “Megengan berasal dari kata Megeng berarti menahan (ngempet) dan yang berarti sebenarnya, mengingat bahwa sebentar lagi bulan puasa akan tiba. 

Dalam tataran agama, megengan dipakai sebagai tanda kesiapan mental menyambut Ramadhan. Salah satunya yakni latihan suka sedekah. Karena banyak sekali keutamaan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Di antaranya yaitu Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-qur’an,adanya malam lailatul qodar, dll. Dan karena keistimewaan bulan tersebut sehingga dijadikannya momentum yang tepat untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

Rabu (2/5/2018) bertempat di Balai Pertemuan Nelayan (BPN) PPN Prigi dilaksanakan acara "Megengan" sebagai bentuk rasa syukur dan ungkapan rasa suka cita akan datangnya bulan Ramadhan tahun ini. Acara Megengan diisi dengan doa bersama dan siraman rohani yang disampaikan oleh Ustadz H. Kambali. Acara ini dihadiri oleh semua karyawan PPN Prigi dan instansi-instansi pendukung yang ada di lingkungan PPN Prigi yang terdiri dari Polair, Pos AL, Basarnas dan petugas TPI.