Produksi Ikan

Penertiban dan pendataan Ulang Alat Tangkap Bagan di Perairan Muncar oleh Tim Pengawasan UPT P2SKP Muncar

Penulis : , | 30/04/2018 13:55

April 2018 - Pengawasan Perairan Laut atau patroli laut adalah salah satu dari program utama bidang Kelautan, Pesisir dan Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur yang kemudian didelegasikan kepada Seksi Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan di seluruh UPT Pelabuhan Perikanan di Jawa Timur. Tugas pokoknya adalah melakukan pengawasan di perairan laut secara terpadu dengan para stakeholder terkait.

Setelah mengadakan sosialisasi kepada para nelayan/pemilik bagan, Tim Pengawasan UPT P2SKP Muncar menindaklanjuti dengan melakukan patroli laut di kawasan perairan muncar. Tim dikoordinir oleh Kasie Pengawasan, Erlambang, SP berserta staf dengan didampingi pihak Syabandar, PSDKP, AL, Polairut, DKP Banyuwangi dan HNSI Muncar. Tim berangkat pukul 08.00 WIB dan menyusuri kawasan perairan laut Muncar.

Bahwa ditemukan bagan-bagan milik nelayan yang penempatannya mengganggu area jalur lalu lintas kapal tempat keluar masuknya kapal menuju kolam labuh. Tim melakukan pendataan terhadap pemilik bagan tersebut yang selanjutnya mereka akan diundang untuk diberikan pembinaan agar bagan-bagan tersebut segera ditertibkan.

Adapun dasar hukum yang digunakan adalah UU Perikanan No. 45 Tahun 2009, PerMen KP No. 71 Tahun 2016 tentang Jalur Penangkapan Ikan dan Penempatan Alat Penangkapan Ikan di WPPNRI dan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah