Produksi Ikan

PELAYANAN ES CURAH KEAPDA MASYARAKAT NELAYAN PENGAMBENGAN

Penulis : , | 20/04/2018 14:09

Salah Satu permasalahan yang sangat berpengaruh terhadap kemunduran mutu ikan selama proses pembongkaran dan pemasaran ikan yang sangat penting adalah pada penerapan sistem rantai dingin yang tidak efektif. Sehingga Mutu Ikan yang di daratkan tidak memenuhi standar ikan segar yang telah ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan sesuai dengan SNI 2729:2013.

Sebuah Mesin Es Curah (Ice Flake Machine) yang sudah dibangun oleh Direktorat Pelabuhan Perikanan pada Tahun 2017 kemarin merupakan salah satu sarana/peralatan untuk mendukung prinsip rantai dingin sehingga mutu dan keamanan hasil perikanan dapat terjamin. Pelabuhan Perikanan Nusantara Pengambengan mulai awal Tahun 2018 kemarin sudah mengoperasionalkan Ice Flake Machine guna melakukan pelayanan kepada masyarakat nelayan di wilayah PPN Pengambengan.

Harga es curah di jual dengan harga Rp. 340,-/kg dan setiap harinya PPN Pengambengan mampu melayani penjualan es sekitar 500 kg/hari. Adapaun kelebihan menggunakan es curah ini yang utama yaitu es curah hasil produksi PPN Pengambengan tidak merusak struktur daging ikan, es tidak perlu lagi di hancurkan dengan mesin. Dan harapan yang di inginkan adalah kesadaran masyarakat akan pentingnya system rantai dingin dalam rangka menjaga mutu ikan tersebut.