Produksi Ikan

Temu Stakeholder TPI Higienis PPN Prigi

Penulis : , | 31/03/2018 17:22

Prigi - Temu stakeholder Tempat Pemasaran Ikan (TPI) Higienis Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi yang diadakan di Balai Pertemuan Nelayan (BPN) PPN Prigi pada Kamis (29/3/2018), dihadiri oleh Kadis Perikanan dan Kelautan Trenggalek, Kalabuh PPN Prigi, Muspika Kecamatan Watulimo, Sat Pol PP dan instansi terkait lainnya. Pada kesempatan sebagai peserta hadir 75 orang yang terdiri dari nelayan, pengambek, pedagang ikan dan buruh bongkar.

Temu stakeholder ini juga sebagai sarana sosialisasi keberadaan TPI higienis, yang keberadaanya untuk menjawab tuntutan jaminan mutu ikan yang merupakan persyaratan dari negara pengimpor ikan dai Uni Eropa dan negara pengimpor lainnya. Kegiatan penanganan ikan hasil tangkapan harus memerhatikan prinsip higienitas dan aman untuk dikonsumsi. Pada kesempatan ini Kalabuh menegaskan kembali SOP operasional TPI Higienis yang harus dipatuhi semua stakeholder mulai dari personel (memakai sepatu boot, sarung tangan dan melewati footbath) sampai penanganan ikan (penerapan coldchain, penggunaan peralatan yang bersih dan tidak mengkontaminasi produk).

Hasil akhir dari dialog dengan stakeholder TPI Higienis menyepakati jam operasional TPI higienis antara jam 06.00-16.00 WIB dan semua ikan yang didaratkan wajib ditimbang di TPI higienis serta penertiban semua timbangan di luar TPI Higienis.