Produksi Ikan

Kunjungan Kerja Direktur Jenderal Perikanan Tangkap di PP. Tual

Penulis : , | 23/03/2018 10:41

Kamis 22 Maret 2018, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap melukukan kunjungan kerja di PP. Tual dalam rangka melihat aktifitas operasional PP. Tual sekaligus menyerahkan paket bantuan kepada koperasi nelayan di daerah Tual Provinsi Maluku.  Hadir pada kesempatan ini : Walikota Tual, Komandan Daerah Militer XVI/Pattimura, Kepala Kepolisian Resor Maluku Tenggara, Kadis Perikanan Prov. Maluku dan Kota Tual, Kepala/Pimpinan Instansi vertikal, Perguruan Tinggi dan SMK Perikanan, Ketua DPD HNSI Prov. maluku, Ketua DPC HNSI Kota Tual, Pimpinan Asurani Jasa Indonesia, Pimpinan BRI, PT. Perikanan Nusantara (Persero), PT. Perikanan Indonesia (Perserp), Sekretaris Koperasi Nelayan Indramayu, Para Nelayan serta undangan lain.  Dalam awal sambutan Dirjen Perikanan Tangkap menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Ibu Menteri Kelautan dan Perikanan di Kota Tual akibat cuaca yang tidak memungkinkan ibu Menteri melanjutkan perjalanan ke Tual melalui Dobo dan mengharapkan dikesempatan lain Beliau dapat hadir.  Dalam sambutan Dirjen Perikanan Tangkap menyampaikan 3 pilar utama pembangunan kelautan dan perikanan untuk diketahui para undangan dan nelayan yakni (a) Kedaulatan (b) Keberlanjutan (c) Kesejahteraan serta peningkatan potensi perikanan tangkap dari 7,31 juta ton tahun 2013 menjadi 12,5 juta ton tahun 2016. Berbagai program Kementerian Kelautan dan Perikanan- Ditjen Perikanan Tangkap juga dipaparkan yakni :

  1. Pengembangan pelabuhan perikanan
  2. Pengembangan TPI di perairan darat
  3. Bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan
  4. Bengkel nelayan
  5. Bantuan kapal perikanan
  6. Bantuan asuransi nelayan
  7. Kedai nelayan
  8. Bedah rumah /kampung nelayan
  9. Bantuan akses permodalan
  10. Pengembangan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadau.

Adapun bantuan yang diserahkan kepada nelayan Tual adalah 20 (dua puluh) unit kapal 5 GT, Alat penangkapan ikan ramah lingkungan 10 (sepuluh) paket, dan  penyerahan SIPI perpanjangan kepada 3 (tiga) unit kapal perikanan (KM. Yesindo-B, KM. Wahyu Luhur Barokah-2, KM. Mandala), Kartu asuransi nelayan 5 orang, serta fasilitas permodalan usaha penangkapan dari BRI untuk 5 orang masing-masing sebesar Rp. 60 juta.

Selesai penyerahan bantuan, dilanjutkan dengan dialog interaktif dengan nelayan, mahasiswa, pengusaha perikanan dan stakeholder lain yang ada didaerah Tual kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan kapal perikanan Nelayan-2017 dan aktifitas pendaratan dan pemuatan ikan dari kapal ke reefer container di dermaga PP. Tual. Turut hadir dalam rombongan Kunjungan Kerja antara lain Direktur Pelabuhan Perikanan, Direktur Kapal dan Alat Penangkapan Ikan, Pejabat eselon III dan IV DJPT beserta staf.