Produksi Ikan

Pembinaan Tata Kelola Arsip dan Naskah Dinas

Penulis : , | 22/03/2018 17:02

PRIGI - Arsip akan selalu tercipta seiring aktifitas organisasi/instansi. Arsip diciptakan untuk kepentingan organisasi, tetapi juga memiliki nilai guna penting bagi organisasi (nilai guna primer dan skunder/informasional dan kebuktian).

Guna mewujudkan pemerintahan yang modern, peningkatan pelayanan publik dan kebutuhan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) bertempat di Balai Pertemuan Nelayan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi tanggal 20 Maret 2018 diadakan pembinaan mengenai tata kelola arsip dan naskah dinas. Materi diisi oleh Bapak Widoyoko Arsiparis Madya Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Bapak Ari Rahmat dari Biro Umum Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Bapak Joko Arye Prasetyo dari Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT).

Pada kesempatan ini Kalabuh Bapak Dwi Yuliono bertindak sebagai moderator pemaparan para narasumber. Pada kesempatan pertama Bapak Widoyoko dari ANRI menyampaikan tentang Jadwal Resitensi (umur berlaku arsip) dan tata kelola penyimpanan arsip dan naskah dinas, kemudian dilanjut oleh Bapak Ari Rahmat yang menyampaikan tentang implementasi Permen KP No. 45/2016 tentang pedoman umum tata naskah dinas dan Permen KP. No. 67/2016 tentang kearsipan, pemaparan ditutup  oleh Bapak Joko Arye yang menyampaikan klasifikasi arsip yang diberlakukan di DJPT.