Produksi Ikan

Sosialisasi Pengelolaan Arsip dan Penyusutan Kearsipan dari Sekretaris DJPT di PPN Brondong

Penulis : , | 22/03/2018 16:19

Brondong-Dalam rangka Asistensi penyusutan Arsip maka pada hari ini, Kamis,22 Maret 2018, dilaksanakan sosialisasi Pengelolaan Arsip dan Penyusutan Kearsipan dari Sekretaris DJPT di PPN Brondong, diikuti oleh semua pegawai PPN Brondong di Meeting Hall Fisherman Brondong Fishing Port, di pimpin langsung oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Dedi Sutisna,A.Pi, dengan narasumber, Sofiyanto,S.Pi,M.Si dari Kepala Bagian Keuangan dan Umum, Ester Tiurma Ida, Arsiparis Pertama dan Yuniarti Eka Basuki dari ANRI.

Dalam Presentasinya Ka.Subbag. Keuangan dan Umum, Sofiyanto, menjelaskan tentang Pengelolaan arsip dan Rencana Kodefikasi Arsip DJPT, yang meliputi : ruang lingkup kearsipan di lingkungan KKP, Pengelolaan arsip, Mekanisme pengolahan arsip, Klasifikasi arsip, Desfinisi Arsip sesuai dengan PERMEN KP no. 67 thn 2016, Kodefikasi Arsip DJPT, Ukuran Box Arsip, Warna Angka Sticker Box Arsip, Permasalahan Pengelolaan Surat, sampai dengan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan ARSIP.

Ester Tiurma Ida, dalam presentasinya menjelaskan tentang, Penataan arsip di lingkungan KKP, yaitu bahwa Kriteria pemusnahan arsip meliputi : Tidak memiliki nilai guna, Telah habis retensinya dan berketerangan dimusnahkan berdasarkan JRA, Tidak ada Peraturan perundang undangan yang melarang, Tidak berkaitan dengan penyelesaian proses suatu perkara,”jelasnya.

Posedur Pemusnahan : 1. Membentuk panitia penilai, 2. Penyeleksian Arsip, 3. Pembuatan daftar Arsip Usul Musnah, 4. Penilaian oleh panitia penilai, 5. Permintaan persetujuan pemusnahan dari pimpinan pencipta Arsip, 6. Penetapan Arsip yang akan dimusnahkan, 7. Pelaksanaan Pemusnahan Arsip, “tambahnya.

Yuniarti Eka Basuki, dalam presentasinya menyampaikan tentang Sistem Pemberkasan (Filing System) yaitu tertib arsip, Pemberkasan, Proses penataan berkas arsip aktif, pengurusan surat menjadi arsip, sarana dan prasarana, prosedur pemberkasan dll.