Produksi Ikan

KEGIATAN PEMBONGKARAN IKAN DI TPI HIGIENIS PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA TANJUNGPANDAN

Penulis : , | 19/03/2018 15:38

Tanjungpandan, Jumat (17/03). Tempat Pemasaran Ikan atau yang biasa dikenal dengan sebutan (TPI) Higienis merupakan tempat pendaratan ikan untuk melakukan kegiatan pembongkaran ikan  di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjungpandan.

Kegiatan pembongkaran ikan bagi kapal <10GT dilaksanakan dengan pengaturan sesuai jadwal kedatangan kapal. Mengingat space untuk melakukan tambat labuh di zona TPI Higienis masih kurang memadai. Sehingga kapal yang datang harus antri untuk melakukan kegiatan pembongkaran ikan. Akan tetapi, meskipun space kurang memadai, berkat ketelatenan dan kecakapan Syahbandar Perikanan dan petugas tambat labuh dalam mengatur kedatangan kapal, semua bisa berjalan dengan tertib dan aman. Petugas saling bersinergi pada saat kegiatan pembongkaran ikan, termasuk pencatat data pun masing-masing menjalankan fungsinya dengan baik.

Sebagai bentuk pengawasan dan pengendalian sumberdaya ikan kaitannya dengan akurasi dalam mendapatkan data, Maka ikan yang telah dibongkar di timbang terlebih dahulu sesuai dengan jenis ikannya sebelum ikan tersebut dijual secara langsung atau di masukkan ke Perusahaan perikanan yang berada di areal kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjungpandan.

Ikan dominan yang didaratkan di TPI Higienis adalah Ikan Tenggiri (scomberomorus spp) sebanyak 2.405Kg dan Ikan Tongkol (Thunnus tonggol) sebanyak 1.150Kg dengan Total ikan yang didaratkan di TPI Higienis sejumlah 7.165Kg. sedangkan ikan yang didaratkan dari luar Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjungpandan sejumlah 6.465Kg, sehingga Total keseluruhan Ikan yang masuk di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjungpandan sejumlah 13.621Kg dengan Jumlah Kapal yang melakukan pembongkaran ikan di TPI Higienis sebanyak 16 Kapal.

 

Oleh : (Danafiya, A)