Produksi Ikan

MENTERI SUSI PANTAU HIU TUTUL DAN KUNJUNGI NELAYAN MAYANGAN

Penulis : , | 07/03/2018 07:51

Probolinggo 14/02/2018,

Keberadaan kawanan hiu tutul (Rhincodon typus) yang beberapa waktu terakhir ini sering terlihat di kawasan perairan Kota dan Kabupaten Probolinggo rupanya menarik minat Menteri Kelautan dan Perikanan RI Ibu Susi Pudjiastuti, untuk meninjau langsung di lapangan. Kedatangan Menteri Susi ke Probolinggo selama dua hari sejak Selasa (13/02/2018) sore tersebut selain diagendakan untuk melihat keberadaan hiu tutul juga untuk menunjungi nelayan yang sedang beraktivitas di kawasan UPT Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (UPT  P2SKP) Mayangan serta mengujungi sentra nelayan di Pulau Gili Ketapang Probolinggo.

Dalam kesempatan berdialog bersama para nelayan tradisional dan nahkoda/ABK kapal balai, Menteri Susi  berdiskusi banyak hal, seperti  peningkatan hasil tangkapan yang diperoleh para nelayan, area penangkapan hingga status kepemilikan kapal. Hal lain yang juga disoroti adalah adanya rencana penggantian alat tangkap cantrang dan kewajiban untuk melengkapi dokumen bagi kapal perikanan, yang dijanjikan untuk dibantu dengan membuka gerai pengurusan di beberapa lokasi pelabuhan. Belum  adanya proses lelang ikan hasil tangkapan juga menjadi salah satu bahasan dimana pelaksanaan lelang dapat menjadi sumber pendapatan untuk menunjang pemeliharaan pelabuhan.

Diantara dialog bersama nelayan yang berlangsung kurang lebih 30 menit tersebut, Menteri Susi yang didampingi Wakil Bupati Probolinggo Bpk. Timbul Prihanjoko, Plh. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jawa Timur Bpk. Asmuri Syarif, serta jajaran Muspida Kota dan Kabupaten Probolinggo, berjalan kaki di sepanjang dermaga pelabuhan dan sempat menjadi pusat perhatian para pengunjung dan pedagang ikan yang sedang berada di kawasan pelabuhan. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan untuk bertemu dengan para nelayan dan siswa sekolah di sentra nelayan Pulau Gili Ketapang, Probolinggo.

Sementara terkait dengan keberadaan kawanan hiu tutul di kawasan Pantai Bentar, Menteri Susi yang berhasil bertemu beberapa ekor hiu tutul, memuji kondisi Bio Mass di perairan Probolinggo dan Indonesia pada umum nya yang mulai membaik, sehingga menarik hiu tutul untuk melintas melalui perairan tersebut. Untuk masalah infrastruktur guna mendukung potensi hiu paus sebagai salah satu destinasi wisata nasional, Menteri Susi juga menjanjikan untuk membantu pembangunannya. Senada, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, juga menyampaikan bahwa untuk kedepannya komitmen Pemerintah Kabupaten Probolinggo tetap sama, yaitu bagaimana hiu tutul yang ada di Kabupaten Probolinggo  betul-betul terlindungi sehingga hiu yang datang di musim-musim tertentu di Problinggo dapat betah dan tetap lestari. (Arf.safarul, 2018)