Produksi Ikan

Kondisi PPN Pekalongan Akibat Gelombang Tinggi dan Cuaca Ekstrim

Penulis : , | 17/01/2018 09:30

PPN Pekalongan (16/01/2018) – TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di lingkungan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pekalongan tampak sepi, tidak terlihat aktivitas pelelangan ikan maupun bongkar muat kapal perikanan. Aktivitas pelelangan ‘timbul dan tenggelam’ sejak bulan Desember lalu hingga saat ini. Hal ini sebagai salah satu imbas dari cuaca ekstrim antara lain curah hujan tinggi dan gelombang tinggi yang terjadi di perairan Laut Jawa dan sekitarnya, sehingga armada perikanan menghentikan sementara operasi penangkapan ikan. Terlihat beberapa kapal pendatang berada di dermaga tambat.

Sementara itu curah hujan yang cukup tinggi, berimbas pada terendamnya sebagian besar Kelurahan Panjang Wetan oleh air rob. Sehingga akses jalan menuju TPI dan PPN Pekalongan juga tergenang air. Lokasi Wisata Bahari PPN Pekalongan pun kerap tergenang air pada malam hari akibat gelombang tinggi, diluar jam kunjungan wisatawan.

Banjir air rob/air laut merupakan salah satu permasalahan yang kerap terjadi di daerah Pantai Utara Jawa. Untuk mengatasinya dibutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat, pengusaha, dan pemerintah. Diharapkan perencanaan tata ruang yang baik beserta seluruh peraturan yang ditetapkan dapat dipatuhi oleh masyarakat dan semua diperuntukkan dan dikelola dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat.