Produksi Ikan

Bank Sampah Pari Manta PPN Sungailiat

Penulis : , | 29/12/2017 08:28

Bank sampah adalah suatu sistem pengelolan sampah kering secara kolektif yang  mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif di dalamnya. Sistem ini  menampung memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi dari menabung sampah.

Semua Kegiatan dalam sistem bank sampah dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat. Seperti halnya bank konvensional, bank sampah juga memiliki sitem manajerial yang operasionalnya dilakukan oleh masyarakat.  Bank sampah bahkan bisa juga memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat memberdayakan ibu-ibu Dharma Wanita untuk menyelesaikan masalah sampah terutama sampah An Organik khususnya dikawasan PPN Sungailiat. Pada hari selasa, 19 Desember 2017 Bapak Ir.Tri Aris Wibowo,M.Si selaku Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat meresmikan(Launching) Bank Sampah Pari Manta PPN Sungailiat di Balai Pertemuan Nelayan PPN Sungailiat. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Pegawai PPN Sungailiat, Pengusaha Ikan, Pedagang Ikan, Pengelola kantin, Jasa Mina PPN Sungailiat, dan Masyarakat disekitar PPN Sungailiat. Selain itu juga dihadiri oleh Bapak Heru Dwi Prima selaku Lurah Sungailiat, dan ibu Ir.Mei Nalina selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab.Bangka.

Tujuan dibentuknya Bank Sampah yaitu untuk membantu Pemerintah Kota dalam mengurangi volume sampah dan merubah cara pandang serta perilaku masyarakat terhadap sampah, minimal masyarakat tidak membuang sampah disembarang tempat sehingga mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.

Sedangkan manfaatnya untuk masyarakat, dapat menambah penghasilan karena saat mereka menukarkan sampah mereka akan mendapatkan imbalan berupa uang yang dikumpulkan dalam rekening yang mereka miliki. Masyarakat dapat sewaktu-waktu mengambil uang pada tabungannya saat tabungannya sudah terkumpul banyak.

STRUKTUR ORGANISASI BANK SAMPAH (PARI MANTA) PPN SUNGAILIAT

Penasehat                                                       :Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat

Pembina                                                          :Kepala Sub Bagian Tata Usaha

Direktur                                                           :Mitriana

Sekretaris                                                        :Dewi Kurniati

Bendahara                                                      :Helda

Seksi Pemberdayaan                        

-Penimbangan dan Pencatatan                      :Ina dan Murti

-Pengambilan dan Pengumpulan Sampah    :Dodi Fiyanto

Seksi Perlengkapan Umum                           :Nurhadi

Seksi Pemasaran dan Publikasi                     :Ihda Zuryani