Produksi Ikan

Pembinaan Nelayan dan Bakul

Penulis : , | 29/09/2017 08:48

PPP Morodemak - Sebanyak 35 bakul yang menyewa kios pertokoan di komplek PPP Morodemak kemarin Kamis (28/09/2017) mendapatkan pembinaan oleh Kepala PPP Morodemak, Ir. Fendiawan Tiskiantoro, M.Si. Pembinaan ini terkait dengan kedisiplinan dalam membayar sewa kios di PPP Morodemak dan juga terkait produk yang mereka jual apakah mengandung produk berbahaya atau tidak.

Hadir Narasumber Tangguh Asrondi, S.Pi, Pengawas Sumber Daya Perikanan KKP RI, bahwa para bakul diwanti-wanti tidak menggunakan bahan makanan yang berbahaya diantaranya formalin. Hukuman bagi para oknum penyalahgunaan zat berbahaya dalam UU Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 pelanggaran terhadap kesehatan konsumen dapat dikenakan hukuman maksimal 5 Tahun berikut dendanya hingga Rp 2 Milyar.

Pelabuhan tentu tidak dapat melakukan pengawasan secara terus menerus, akan tetapi dari Pelabuhan sudah memasang spanduk tentang bahaya formalin di beberapa titik di Kawasan Pelabuhan. Selain itu para bakul juga diberikan pembinaan tentang kedisiplinan membayar sewa kios. Dalam perjanjian disebutkan bahwa penyewa yang ingin memperpanjang sebelum masa berlaku habis. Dan apabila hal itu tidak di indahkan maka kios akan di sewakan kepada orang lain yang bersedia menyewa karena daftar tunggu orang yang mau menyewa kios ternyata banyak.

Walaupun kios di komplek PPP Morodemak hanya ramai di pagi hari saja tetapi minat untuk menyewa kios masih banyak. Hal ini karena harga sewa kios memang cukup terjangkau bagi para pedagang. PPP Morodemak berharap dengan adanya kios ini mampu mengingkatkan perekonomian warga sekitar Pelabuhan.