Produksi Ikan

KOORDINASI DAN EVALUASI ANTAR STAKEHOLDER TERKAIT PELAYANAN TERHADAP KAPAL PERIKANAN YANG BERPANGKALAN DI PELABUHAN PERIKANAN PANTAI BAJOMULYO

Penulis : , | 14/09/2017 13:32

       Bajomulyo - Pada hari Senin, tanggal 11 September 2017 bertempat di Aula Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Juwana, PPP Bajomulyo melaksanakan kegiatan koordinasi dan evaluasi antar stakeholder terkait pelayanan terhadap kapal perikanan yang berpangkalan di Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo yang berada didalam Wilayah Kerja dan Operasional (WKOPP) Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 orang peserta yang berasal PPP Bajomulyo, UPP Kelas III Juwana, Satwas PSDKP, Polsek Juwana, Sat Pol Air Polres Pati, Pemilik Kapal dan Tokoh/ Paguyuban yang ada diwilayah kerja PPP Bajomulyo. Dengan dilakukannya koordinasi dan evaluasi antar instansi terkait dengan stakeholder diharapkan kinerja dari pelabuhan perikanan dan instansi terkait dalam melayani masyarakat dapat berjalan dengan optimal.

       Kegiatan koordinasi dan evaluasi antar stakeholder terkait pelayanan terhadap kapal perikanan yang berpangkalan di Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo bertujuan untuk koordinasi, evaluasi dan menyerap masukan dari para pelaku usaha perikanan tangkap demi pelayanan yang lebih baik. Melalui koordinasi yang baik antar Instansi dan para pelaku usaha perikanan tangkap yang berada di wilayah kerja Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo tersebut, diharapkan dapat membuat kinerja Pelabuhan Perikanan lebih baik dan  lebih cepat menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi Nelayan dan para Pelaku Usaha Perikanan Tangkap. Disamping itu juga untuk menyelaraskan/ sinergitas kegiatan kerja antar instansi di lingkup Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo.

       Melalui kegiatan yang dilaksanakan, diharapkan dapat menyerap berbagai keluh kesah, masukan maupun permasalahan yang ada dari para pelaku usaha perikanan tangkap untuk diselesaikan bersama demi pelayanan yang lebih baik kedepan seperti apa yang disampaikan oleh Kepala PPP Bajomulyo dalam sambutannya. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kepala Polsek Juwana yang menyoroti tentang berbagai permasalahan yang ada di perikanan tangkap yang ada di Juwana agar permasalahan yang ada dapat dikoordinasikan dengan instansi terkait untuk penyelesainnya, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan dimasyarakat. Kemudian terkait dengan banyaknya bangkai kapal yang berada di alur sungai Juwana seperti apa yang disampaikan oleh Kepala Sat Pol Air Polres Pati (Ipptu Daffid Paradhi) agar dalam pengambilan bangkai kapal ada pendampingan dari instansi terkait agar prosesnya dapat berlangsung dengan baik, setelah proses identifikasi dari Polda Jateng selesai.

       Salah satu permasalahan yang ada di UPP Kelas III Juwana yaitu tentang lamanya pengurusan Surat Ukur Kapal. Dijelaskan oleh UPP Kelas III Juwana (Bapak Andrianto, SH), bahwa untuk mengatasi permasalahan yang ada tersebut, UPP Kelas III Juwana telah melakukan tindakan dengan mendatangkan Juru Ukur Kapal dari Pusat demi percepatan dalam melakukan pembuatan Surat Ukur Kapal untuk pelayanan yang lebih baik kepada para pelaku usaha perikanan tangkap. Beliau juga menyampaikan bahwa usaha melakukan pelayanan yang optimal kepada para pelaku usaha perikanan tangkap telah dilakukan, namun baik buruknya pelayanan yang telah dilakukan yang menilai adalah masyarakat. Sehingga kritik, saran dan berbagai masukan sangat diharapkan demi pelayanan yang lebih baik kedepannya.

       Berbagai masukan dan pertanyaan juga disampaikan oleh para stakeholder dan para pelaku usaha perikanan tangkap terkait pelayanan yang telah dilaksanakan, yang salah satunya mereka berharap agar ada kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap, sehingga pengurusan perijinan untuk keberangkatan kapal dapat lebih cepat. Disamping itu, para pemilik kapal berharap agar UPP Kelas III Juwana dapat memberikan informasi yang bisa diakses terkait perkembangan proses pengerjaan berkas permohonan untuk perijinan kapal yang diajukan, sehingga pemohon tahu kepastian tentang progress berkas yang diajukan.

       Kegiatan koordinasi dan evaluasi antar stakeholder terkait pelayanan terhadap kapal perikanan yang berpangkalan di Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo ditutup oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo (Bp. Japar Lumban Gaol). Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas berbagai saran, kritik ataupun masukan yang diberikan untuk peningkatan pelayanan yang lebih baik. Semoga melalui kegiatan yang dilaksanakan dapat menjadi evaluasi bagi peningkatan kinerja Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo, maupun instansi lain dilingkup kerja PPP Bajomulyo kearah yang lebih baik dalam melayani masyarakat. (Supriyo/ PPP Bajomulyo).