Produksi Ikan

Pertemuan Pokja P2HA di Pelabuhan Cilacap

Penulis : , | 10/07/2017 09:11

Cilacap (21/06/2017) – Pertemuan Pokja P2HA di wilayah pelabuhan diadakan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kab.Cilacap di gedung Sumekar Kab.Cilacap. Selasa 20 Juni 2017.

Pertemuan Pokja P2HA di wilayah pelabuhan tersebut dibuka oleh Sekretaris KPA Kab.Cilacap, Sardjono, SH dengan Narasumber dari KPA Kab.Cilacap dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Cilacap yang diikuti oleh 25 orang dari Pokja Pelabuhan dan Stakeholder Pelabuhan Cilacap.

Tujuan dari diadakannya pertemuan Pokja P2HA di wilayah pelabuhan adalah untuk mengevaluasi keiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di pelabuhan Cilacap untuk mendorong dan meningkatkan peran serta pemangku kepentingan serta perusahaan di wilayah pelabuhan serta membahas capaian dan progress pelaksanaan program di pelabuhan Cilacap

Adanya program P2HA di sector pelabuhan merupakan pintu masuk yang sangat penting dalam penanggulangan HIV dan AIDS pada komunitas laki-laki mengingat pelabuhan merupakan salah satu tempat kerja yang didominasi oleh laki-laki.

Pelaksanaan program P2HA di pelabuhan menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Daerah dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) berserta stakeholders dan komunitas yang perduli dengan HIV dan AIDS. Keterlibatan dan partisipasi dari semua pihak menjadi golden gate dari program P2HA ini.

Capaian penjangkauan dan VCT untuk Pekerja Laki-laki Pelabuhan (PLP) serta temuan kasus HIV?AIDS di pelabuhan masih dibawah target yang telah ditetapkan oleh Nasional, oleh karena itulah sinergitas kegiatan-kegiatan di lingkungan pelabuhan dapat mendorong dan meningkatkan program P2HA di wilayah pelabuhan.

Diadakannya pertemuan program Pokja P2HA di wilayah pelabuhan diharapkan adanya sinergitas pokja pada kegiatan-kegiatan program HIV dan AIDS di lingkungan pelabuhan serta adanya rencana tindak lanjut untuk mengatasi tantangan-tantangan pencapaian program P2HA dan adanya evaluasi serta menerapkan fungsi monitoring dalam pelaksanaan program P2HA di wilayah pelabuhan. (cs)