Produksi Ikan

Ganjar Dorong Adanya Sertifikasi Profesi Bagi Nelayan Juwana

Penulis : , | 05/07/2017 14:10

JUWANA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku siap mendorong adanya pelatihan dan pendidikan bagi para nelayan yang berada di wilayah pesisir utara, terutama di Kawasan Juwana. Mengingat, masih banyak pelaut yang belum memiliki sertifikasi sebagai pelayan profesional.

“Sebagai upaya untuk memenangkan pasar kerja bagi para pelaut di daerah pesisir utara Jawa Tengah, salah satu caranya adalah dengan mewujudkan tenaga kerja profesional, khususnya di bidang keselamatan kerja,” ujar Ganjar dalam rilisnya yang dibacakan oleh Kepala Pelabuhan Juwana Japar Lumban Gaol di lapangan Syahbandar Juwana, Selasa (04/07/2017).

Kompetensi dibidang kelautan dan perikanan juga sangat penting, baik penangkapan maupun penanganan hasil tangkap. Hal itu untuk memudahkan nelayan agar dalam penagkapan ikan, mereka tidak sembarang menangkap ikan, karena ada aturan yang harus dipatuhi.

“Ada rambu-rambu yang harus dipatuhi oleh nelayan. Kalau mereka sudah tersertifikasi, sudah diberikan pelatihan dan pendidikan dengan baik, tentunya mereka akan mengetahui hukum laut,” tambahnya.

Selain itu, penting juga untuk dilakukan adalah menjaga keselamatan dan keamanan nelayan selama dalam pelayaran. Nelayan harus paham betul upaya yang harus dilakukan pada saat terjadi kebakaran, badai besar dan lain sebagainya.

“Dengan begitu, harapannya tentu untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di laut. Maka dari itu, sertifikasi profesi bagi nelayan Juwana sangat penting untuk dilakukan,” tandasnya.

Sumber : http://seputarmuria.com/2017/07/04/dorong-adanya-sertifikasi-profesi-bagi-nelayan-juwana/

(Azzalia, Juli 2017)