Produksi Ikan

Pameran Produk Perikanan meriahkan Tradisi Syawalan di Morodemak

Penulis : , | 03/07/2017 11:54

PPP Moroemak -  Tradisi Sedekah laut atau Syawalan merupakan tradisi yang rutin diselenggarakan oleh nelayan di PPP Morodemak. Tradisi ini merupakan wujud syukur atas hasil melaut yang melimpah selama satu tahun kemarin. Acara di buka oleh Bupati Demak HM. Natsir dengan penyerahan tumpeng dari panitia kepada Bupati Demak, Minggu (2/07/2017)

Natsir menyampaikan bahwa tradisi ini harus terus dilestarikan.

“  Tradisi yang baik ini jangan sampai punah dan harus dilestarikan, ini merupakan wajud syukur kita kepada Allah SWT atas segala limpahan Rahmat dan Rezeki yang diberikan” katanya.

Rombongan kemudian naik ke atas kapal dan berangkat ke tengah laut, di laut tumpeng di doakan oleh KH. Afifudin Zuhri, Dewan Syuriah PC NU Demak kemudian dimakan bersama-sama.

Selesai melaut rombongan bupati dan Forkompimda mengunjungi stand pameran yang telah di sediakan oleh PPP Morodemak. Ada 14 KUB Binaan PPP Morodemak yang memamerkan hasil produk perikanan. Diantaranya ikan asin krispi, teri, otak-otak bandeng, kerupuk ikan, terasi dan lain sebagainya. Di stand PPP Morodemak juga memberikan bingkisan kepada Bupati dan tamu pengunjung berupa produk hasil perikanan.

Kepala PPP Morodemak, Ir. Fendiawan Tiskiantoro, M.Si berharap dengan adanya pameran ini KUB akan semakin berkembang.

“ KUB ini harus terus kita bina agar mampu berkembang dan meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan” ungkapnya.

Banyak sekali pengunjung yang membanjiri lokasi acara karena acara tidak hanya larungan tetapi ada berbagai hiburan diantarannya hiburan dangdut, pagelaran wayang dan pasar malam. (UAR)