Produksi Ikan

Sosialisasi Implementasi E-logbook Penangkapan Ikan di PPN Brondong

Penulis : , | 30/09/2020 19:15

PPN Brondong –  Sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki data Perikanan, maka Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong melakukan kegiatan  Sosialisasi Implementasi E-logbook Penangkapan Ikan,  kepada 20 Pemlik kapal perikanan, Nahkoda kapal dan ABK kapal, di Balai Pertemuan Nelayan PPN Brondong, Jumat (18/9/2020).

Sosialisasi Implementasi dibuka oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Bpk. Ibrahim, A.Pi, M.Si, dengan narasumber dari JFT P3T (Pengelola Produksi Perikanan Tangkap), Triana Indah Yuniawati,S.Pi, menyampaikan terkait Pelaporannya dan JFT AP3T (Asisten Pengelola Produksi Perikanan Tangkap), Abd. Wahab,A.Md, menyampaikan cara aktivasi e- logbook.

Kepala Pelabuhan Bpk. Ibrahim dalam arahanya saat membuka acara menyampaikan harapannya dalam Sosialisasi Implementasi E-logbook penangkapan ikan ini agar pemilik kapal perikanan dan ABK kapal menyadari pentingnya penggunaan E-Log book sehingga banyak melakukan aktivasi e-logbook.

“Saya berharap kepada semua pemilik kapal perikanan/pengusaha kapal perikanan dan ABK di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong untuk menyadari pentingnya penggunaan e-logbook penangkapan ikan sehingga banyak yang melakukan aktivasi e-logbook, “Jelas beliau.

Kasi Kesyahbandaran, Bpk. Ambar Tri Harnanto,A.Pi, menyampaikan bahwa sampai saat ini pemilik kapal perikanan yang sudah melakukan aktivasi aplikasi e-logbook sebanyak 205 Unit.

Disamping itu beliau juga menelaskan terkait Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 48 Tahun 2014 tentang Log book Penangkapan Ikan, bahwa setiap kapal perikanan yang mempunyai Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) berukuran di atas 5 Gros Ton (GT) yang beroperasi di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) dan laut lepas harus membuat serta menyampaikan log book penangkapan ikan. 

Logbook Penangkapan Ikan adalah catatan harian nakhoda kapal penangkapan ikan mulai dari jenis ikan, volume, dan daerah penangkapan ikan.