Produksi Ikan

Bulan Bakti Siaga Nelayan di PPN Sibolga

Penulis : , | 26/03/2020 21:31

Berdasarkan surat edaran B.181/SJ/KP.620/III/2020 tentang Penanggulangan Penyebaran Corona Virus di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap melakukan tindak lanjut dengan pelaksanaaan suatu progam “Bulan Bakti Siaga Nelayan” sebagai wujud nyata memberikan pelayanan prima kepada nelayan, masyarakat pesisir, dan pemangku kepentingan. Progam ini meliputi beberapa kegiatan diantaranya, bakti sosial, bakti usaha, dan bakti sehat perikanan untuk nelayan.

Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga, turut mendukung progam “Bulan Bakti Siaga Nelayan” dengan beberapa kegiatan yang langsung diimplementasikan di lingkungan PPN Sibolga seperti rapat pimpinan dan staf yang dilakukan dengan mengatur jarak 1 kursi per pegawai dalam pencegahan penyebaran virus corona, peniadaan sementara apel pagi dan sore, work from home secara bergiliran, absen dilakukan secara manual dengan alat tulis pribadi, pemberian tumbr, masker, sarung tangan kepada pegawai ppn Sibolga, penyediaan hand sanitizer di seluruh ruangan, pemberian minuman herbal dan puding kepada pegawai mauoun stakeholder, pengecekan suhu tubuh pegawai dan stakeholder yang dilakukan secara rutin, penyemprotan disinfektan di ruang kantor, dan sebagainya. Dalam melakukan pelayanan terhadap stakeholder dilakukan dengan mengatur jarak pelayanan untuk menghindari kontak langsung antara petugas pemberi layanan dan stakeholder. Selain itu, petugas pemberi layanan menggunakan masker dan sarung tangan dalam menerima berkas, serta petugas dan stakeholder selalu memakai hand sanitizer sebelum dan sesudah menyerahkan dan/atau menerima berkas.

PPN Sibolga juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Tapanuli Tengah dalam kegiatan disinfeksi (penyemprotan disinfektan) di ruang kantor, ruang pelayanan terpadu, komplek PPN Sibolga, dan TPI Higienis. Selain itu, penyemprotan disinfektan dilakukan pada kapal-kapal nelayan. Pengecekan suhu tubuh ABK yang akan melaut pun juga dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Kegiatan lain yang dilakukan adalah pemasangan spanduk waspada corona yang dipasang di pintu masuk PPN Sibolga, banner pencegahan virus corona yang dipasang di ruang kantor PPN Sibolga, dan pemasangan banner cara mencuci tangan yang benar di depan ruang pelayanan terpadu dan TPI Higienis. Tidak hanya itu, PPN Sibolga juga menyediakan tempat cuci tangan bagi para pengguna jasa di depan ruang pelayanan terpadu dan TPI Higienis PPN Sibolga.

Melalui beberapa aksi nyata yang dilakukan PPN Sibolga, diharapkan dapat mengurangi penyebaran virus corona di lingkungan PPN Sibolga maupun di Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah.