Produksi Ikan

Sosialisasi Alat Bantu Penangkap Ikan, Perlindungan dan Keselamatan Nelayan.

Penulis : , | 24/02/2020 11:51

Brondong –  Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Bpk. Ibrahim, A.Pi, M.Si menerima PT. Unggul Cipta Teknologi untuk melaksanakan kegiatan Sosialisasi Alat Bantu Penangkap Ikan, Perlindungan dan Keselamatan Nelayan dengan alat VMA (Vessel Multi Aid), di ruang rapat lantai 2 kantor PPN Brondong, Jumat, (14/2/2020).

Yukom VMA (Vessel Multi Aid) adalah merupakan perangkat komunikasi yang menggunakan gelombang radio serta menggunakan Teknologi Tenaga Surya dengan jarak tempuh/jangkauan 50-75 Km (29 mil).

Tahun 2017, alat VMA telah di launching dan dinyatakan layak dipakai untuk kapal Perikanan di bawah 30 GT oleh Direktur Jenderal Perikanan Tangkap.

 

Alat VMA dapat memberikan apa yang dibutuhkan nelayan seperti Peta daerah Potensi Ikan (PDPI), E-Logbook, Info Cuaca, Navigasi, dapat terlihat pada tampilan layar monitor 7 inch yang dimiliki VMA Yukom.

Manfaat lain dari VMA adalah dapat memperoleh informasi-informasi yang dapat melaporkan data penangkapan ikan secara real time, melalui E-Logbook. VMA juga dilengkapi dengan adanya tombol SOS untuk keselamatan nelayan dari bencana dan nelayan juga lebih nyaman dalam mencari ikan.

Yukom VMA di lengkapi dengan navigasi laut, kompas, komunikasi atau pesan lewat chat dan informasi aktivasi kapal.

Disamping itu Yukom VMA juga mempunyai fungsi yang sangat banyak membantu nelayan seperti memberikan informasi titik keberadaan ikan dan fungsi navigasi yang sangat tinggi.