Produksi Ikan

Sosialisasi Pembayaran PNBP Melalui Mesin Electronic Data Capture (EDC) di PPN Brondong

Penulis : , | 18/09/2019 14:30

Brondong – (10/9/2019), Pelabuhan Perikana Nusantara Brondong (PPN Brondong) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pembayaran PNBP Melalui Mesin Electronic Data Capture (EDC) di PPN Brondong oleh Bank BNI, Selasa (10/9/2019).

Plt. Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Ibu Ririn Sugihariyati, menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi Pembayaran melalui mesin EDC dilaksanakan agar pembayaran PNBP ke Pelabuhan yang secara tunai bisa dibayarkan dengan Non Tunai melalui Kartu Debet/ yang tinggal menggesek di Mesin EDC. Hal ini mempermudah dan mempercepat proses pembayaran PNBP sampai ke Kas Negara,” Beliau sampaiakan saat membuka acara sosialisasi Pembayaran PNBP melalui mesin EDC di Balai Pertemuan Nelayan PPN Brondong.

Kepala BNI Cab. Brondong, Samsul Arief, mengucapkan terima kasih kepada peserta Sosialisasi (Pegawai PPN, Pengguna Jasa sewa/Stakeholder) yang sudah meluangkan waktu untuk hadir di acara sosialisasi pembayaran PNBP melalui EDC.

Beliau menyampaikan bahwa Pemerintah mencanangkan untuk pembayaran yang terkait dengan pajak dll, pembayaran sudah dengan non tunai, bahkan yang lagi dikembangkan saat ini dengan sistem "Barcode" lewat mobile banking.

“Upaya BNI sebagai Bank Himbara melakukan usaha untuk menerapkan program-program yang sudah dicanangkan oleh pemerintah yaitu dengan menggunakan mesin EDC BNI untuk menghindari penggunaan uang tunai dengan alasan agar terhindar dari uang palsu, terhindar dari adanya selisih uang di kasir/pencurian uang/perampokan dan pembayaran lebih mudah ,”Tegasnya.

Caristya Berlian, bagian Divisi E-Banking menjelaskan tentang BNI Mini ATM yang fungsinya jika melakukan pembayaran tidak usah menggunakan uang tunai tapi cukup membawa ATM (Debit) atau kartu kredit, asal saldonya mencapai uang yang harus dibayarkan, sehingga pembayaran lebih mudah tinggal menggesekkan  kartu ATM (Debit) atau kartu kredit.

Ia juga menjelaskan tentang alur pembayaran, Error Message dan Help Desk. Alur pembayaran dimulai dari nomer kode billing dari petugas penerima pembayaraan, kemudian diberikan kepada pengguna jasa yang akan membayar PNBP ke Pelabuhan. Billing yg sudah dicetak oleh bendahara penerima  berlaku 7 hari, apabila dalam 7 hari tdk dibayar maka billing yg dicetak sudah tdk berlaku.