Produksi Ikan

16/9. Briefing Road Map RB KKP di Pelabuhan

Penulis : , | 18/09/2019 09:10

Pada Senin, 16 September 2019 dilaksanakan Briefing Road Map Reformasi Birokrasi (RB) KKP di PPS Nizam Zachman Jakarta oleh Kepala PPS Nizam Zachman Jakarta. Kegiatan Briefing RB KKP yang dilaksanakan disela-sela Apel Pagi Pegawai dihadiri hampir seluruh pegawai PPS Nizam Zachman Jakarta di lobby kantor PPS Nizam Zachman Jakarta.

Materi briefing kali ini tentang program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan hasil yang diharapkan dalam Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah mendorong seluruh unit penyelenggara pelayanan publik di Kementerian Kelautan dan Perikanan agar melaksanakan pelayanan sesuai standar pelayanan, budaya pelayanan prima yang cepat, tepat dan efisien serta selalu membuat terobosan inovasi pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan masyarakat.

Adapun capaian program peningkatan kualitas pelayanan publik di KKP pada tahun 2019 diantaranya pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi temuan KemenPAN-RB sesuai surat kepada setiap Eselon I di lingkungan KKP tentang rencana aksi program peningkatan kualitas pelayanan publik tahun 2019 (surat nomor B.277/BKIPM.4.1/TU.210/III/2019 tanggal 15 Maret 2019) dan tentang rekomendasi penilaian RB area peningkatan kualitas pelayanan publik oleh KemenPAN-RB tahun 2018 yaitu menerapkan Reward and Punishment dan menerapkan pemberian kompensasi (B.395/BKIPM.4.1/TU.210/IV/2019).

Selanjutnya pelaksanaan Forum Konsultasi Publik tentang reviu standar pelayanan di PTSP KKP pada tanggal 31 Mei 2019 yang dihadiri oleh stakeholder, jurnalis dan akademisi. Dalam forum konsultasi publik PTSP ini seluruh standar pelayanan yang ada di PTSP dikonsultasikan dengan pihak-pihak yang terlibat untuk memperbaiki atau menyempurnakan standar pelayanan yang sudah ada.

Public Campaign Indonesia melayani yaitu 1) Pelaksanaan Pekan Pelayanan Publik dan Peringatan Hari Pelayanan Internasional di PTSP KKP dan 47 UPT BKIPM tanggal 1-5 Juli 2019, 2)Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan yang dilaksanakan di 47 UPT BKIPM, dimana kick off kegiatan bulan bakti dilaksanakan di Alun-Alun Utara Yogyakarta tanggal 23 Juni 2019. Kegiatan ini dilaksanakan satu bulan penuh.

Coaching Clinic budaya pelayanan prima bagi petugas front liner KKP pada tanggal 4-6 Juli 2019 yang diikuti oleh petugas front liner dari PTSP KKP dan UPT BKIPM. PTSP KKP sejumlah 30 petugas dan UPT BKIPM 25 petugas.

Penyusunan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang Penghargaan dan Hukuman bagi Pelaksana Pelayanan di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Di dalam Keputusan Menteri ini termasuk memuat kompensasi bagi penerima pelayanan jika pelayanan tidak sesuai standar pelayanan. (sudah dilaksanakan 3 kali pembahasan).

Pelaksanaan Reward and Punishment pada Setiap Eselon I diharapkan membuat pedoman Reward and Punishment dan diimplementasikan oleh setiap UPT di Eselon I masing-masing. Dan pelaksanaan Kompensasi → Setiap unit penyelenggara pelayanan publik diwajibkan memberikan kompensasi jika pelayanan tidak sesuai dengan standar pelayanan, bentuk kompensasi dikembalikan ke masing-masing UPT (dapat berbentuk permintaan maaf, snack, minuman ringan, makan, layanan prioritas, layanan pengantaran atau bentuk lain yang sesuai dengan peraturan). Serta pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat semester I tahun 2019.