Produksi Ikan

SOSIALAISASI PENERAPAN SOP SURAT TANDA LAPOR KEDATANGAN DAN KEBERANGKATAN KAPAL PERIKANAN (STBLKK) DAN CARA PENANGANAN IKAN YANG BAIK (CPIB)

Penulis : , | 05/07/2019 10:40

PRIGI - Kamis (04/06/2019) bertempat di runag rapat lantai 2 Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi diselenggarakan acara Sosialaisasi SOP STBLKK dan CBIP yang juga dihadiri Kasie OP PPN Prigi Erawati Wulandari dan Kasie Kesyahbandaran Abd. Iman. Pada kesempatan ini PPN Prigi mengundang stakeholder perikanan tangkap di lingkup pelabuhan perikanan Prigi, yang terdiri dari nelayan dan suplier produk perikanan tangkap.

Sebagai barisan terdepan dalam pelayanan langsung terhadap nelayan di pelabuhan perikanan, syahbandar dalam menjalankan tugasnya harus memiliki pedoman dan acuan agar kegiatan berjalan dengan semestinya sesuai dengan yang diharapkan,SOP berperan untuk memperlancar jalannya aktifitas sebuah kegiatan. SOP ini juga harus dipahami oleh stakeholder perikanan tangkap sebelum kapal berlayar maupun datang kapal penangkap ikan haruslah diuurus segala peizinan yang ada. Mulai dari dokumen dokumen kapal sampai kesiapan item kapal  datang sampai berangkat lagi. Maka dari itu pada kesempatan tersebut dilakuka Sosialisasi SOP STBLKK.

Dalam pengoperasian kapal perikanan, aspek keselamatan tentunya menjadi salah satu yang sangat penting. Keselamatan tidak hanya mnecakup jiwa manusia dan kapal perikanan semata tetapi judga harus tetap memperhatikan kelestarian Sumber daya ikan dan lingkungan laut. Maka dari itu setiap kapal perikanan yang akan berlayar penangkapan ikan dan/atau pengankutan ikan dari pelabuhan dari pelabuahan perikanan wajib memiliki STBLKK yang dikeluarkan oleh syahbandar pelabuhan perikanan.

Pada acara tersebut juga diadakan sosialisasi Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB) sebagai implementasi dari dari amanat undang - undang No. 45 tahun 2009 bahwa salah satu fungsi dari  pelabuhan perikanan adalah sebagai Pusat Pelayanan Pembinaan Mutu dan Pengolahan Hasil Peikanan. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat perikanan pentingnya cara penanganan ikan yang baik mulai dari penangkapan, penyimpanan/pengolahan sampai pemasaran kepada konsumen, sehingga dihasilkan mutu ikan yang baik dan memiliki nilai jual yang tinggi.