Produksi Ikan

Pantai Siwil Sidomulyo Pacitan, Penanaman 3000 Mangrove Cegah Abrasi.

Penulis : , | 04/04/2019 08:44

Pacitan sebagai kota 1001 Goa, disisi lain pesisir dengan garis pantai lebih dari 70 km menawarkan ribuan keindahan. Namun demikian Pacitan juga memiliki potensi bencana yang besar. Setelah banjir akhir tahun 2017, kemudian terjadi beberapa kali Rob, yang menyebabkan  tidak sedikit pantai di Pacitan terdampak, seperti pantai Siwil, Sidomulyo Pacitan.  Pantai teluk yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia ini kehilangan Mangrove yang telah sekian lama memenuhi sepanjang pantai teluk Siwil.

Secercah harapan untuk mengembalikan hutan Bakau tersebut akhirnya tumbuh, pada Ulang Tahunya ke 21 BUMN melalui PT. Industri Kereta Api (INKA) Madiun memberikan hibah 3000 bibit Mangrove untuk pantai Siwil melalui Pemerintahan Desa Sidomulyo.

Dalam simbolis penanaman di pantai Siwil hadir Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, Kepala UPT PPP Tamperan Ninik Setyorini, Kepala Dinas Perikanan Yunus, Direktur Komersial dan Teknologi INKA Agung Sedayu, Kepala Desa Sidomulyo serta anggota Club Motor Inka. Dalam sambutanya Agung Sedayu berpesan agar masyarakat Sidomulyo bersama nelayan serta Pemdes dapat menyayangi dan memelihara mangrove, karena pihaknya menyadari hanya bisa memberi bibit serta alat pemelihraan saja.

Hal tersebut disambut baik oleh Tanggono Kades Sidomulyo, pihaknya menyampaikan rasa terimaksih dan syukur. “Ini adalah bukti kalau kelestarian alam adalah PR bersama. Dan dengan pemberian 3000 bibit mangrove dari INKA ini adalah bukti bahwa bukan hanya orang pesisir yang peduli pesisir tapi alam adalah milik kita semua,” tandasnya.

Kepala UPT PPP tamperan menegaskan bahwa penanaman mangrove adalah salah satu cara menghalau abrasi pantai, sehingga sangat berguna untuk desa Sidomulyo yang mayoritas pantai.  Pihaknya juga merespon positif permohonan Wakil Bupati dalam sambutanya agar memberikan pembinaan pada nelayan, sehingga mereka bisa beralih ke konfenter gas. “Seperti yang dikatakan Wabub, pindah ke konfenter berarti kita menghemat 30%,” tandasnya.

Dhita Shelvi I PPP. Tamperan