Produksi Ikan

Sosialisasi Diseminasi dan Implementasi Perjanjian Kerja Laut Bagi Awak Kapal Perikanan di PPN Brondong

Penulis : , | 31/03/2019 22:20

PPN Brondong – Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong melaksaakan kegiatan Sosialisasi  Diseminasi dan Implementasi Perjanjian Kerja Laut bagi Awak Kapal Perikanan di Balai Pertemuan Nelayan PPN Brondong, Jumat (29/3/2019).

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Bpk. Dedi Sutisna,A.Pi, dengan narasumber Kasubdit Pengawakan Kapal Perikanan, Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan, Bpk. Mohammad Iqbal,S.Pi,M.Si, dan Kepala KCP BPJS Kab. Lamongan, Bpk. Wahyu Hutomo,S.Sos, diikuti oleh 30 peserta terdiri dari Pemilik kapal/Nahkoda, ABK, Agen solar dan UPI (Unit Pengolah Ikan).

Dalam arahannya Kalabuh PPN Brondong menyampaikan dengan adanya kegiatan ini berharap agar pemilik kapal melaksanakan perjanjian kerja laut kepada semua ABK yang bekerja di kapal.

Mohammad Iqbal, menyampaikan”Perjanjian Kerja Laut, yang selanjutnya disingkat PKL, tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan NOMOR 42/PERMEN-KP/2016 adalah kesepakatan antara awak Kapal Perikanan dengan pemilik Kapal Perikanan atau operator Kapal Perikanan atau nakhoda Kapal Perikanan atau dengan agen Awak Kapal Perikanan yang memuat persyaratan kerja, jaminan kelayakan kerja, jaminan upah, jaminan kesehatan, jaminan asuransi kecelakaan dan musibah, jaminan keamanan, serta jaminan hukum yang mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan.

Wahyu Hutomo, dalam presentasinya menjelaskan tentang UU No. 24 Tahun 2014 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Pada pasal 14 dikatakan Setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia, wajib menjadi Peserta program Jaminan Sosial. dan pasal 6 ayat (2) BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) huruf b menyelenggarakan program:

a. jaminan kecelakaan kerja;

b. jaminan hari tua;

c. jaminan pensiun; dan

d. jaminan kematian.