Produksi Ikan

Tim Analis APBN Pusat Kajian Anggaran Badan Keahlian Dewan Berkunjung di PPN Brondong

Penulis : , | 31/03/2019 21:49

PPN Brondong- Sebanyak 5 orang tim dari Analis APBN pada Pusat Kajian Anggaran Badan Keahlian Dewan, yang melakukan pengumpulan data sektor Perikanan di Jawa Timur, dengan tema “Upaya Meningkatkan Penerimaan Negara Melalui Perbaikan Tata Kelola PNBP SDA Non Migas”, Selasa, (19/3/2019).

Rombongan Tim Analis APBN dari Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan disambut langsung oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Dedi Sustisna,A.Pi, di ruang kerjanya, beramah tamah sekaligus wawancara untuk pengumpulan data.

Tim Analis wawancara dengan Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong tentang Pengelolaan dan Pengawasan Hasil Tangkapan Laut, dengan beberapa pertanyaan diantaranya:

  1. Berapa banyak nelayan dan kapal yang terdaftar dalam PPN Brondong?
  2. Bagaimana setruktur dan mekanisme pendataan ikan hasil tangkapan yang didaratkan di PPN Brondong?
  3. Berapa banyak produksi ikan tangkapan yang dihasilkan oleh nelayan per harinya yang tercatat?
  4. Apakah nahkoda/nelayan selalu mengisi logbook dengan benar dan tepat waktu? Apa saja yang perlu dicatat dalam logbook?
  5. Apabila pihak pemeriksa dalam hal ini Syahbandar menemukan ketidaksesuaian antara alat penangkapan ikan yang digunakan dengan jenis ikan hasil tangkapan dan antara periode waktu operasi penangkapan ikan dengan jumlah hasil tangkapan, jika ditemukan ketidaksesuaian tindakan apa yang dilakukan oleh Syahbandar?
  6. Seberapa besar ketidaksesuaian data yang dilaporkan oleh Nahkoda/nelayan dengan hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh pihak PPN Brondong?
  7. Apakah sering ditemukan kapal yang tidak memiliki surat persetujuan berlayar melakukan penangkapan ikan? Apa tindakan yang dilakukan oleh pihak pengawas pelabuhan?
  8. Seberapa sering dilakukan penyuluhan pengendalian sumber daya ikan, pembinaan mutu dan bimbingan teknis tentang cara penangkapan ikan yang baik?
  9. Apakah penangkapan ikan yang dilakukan oleh nelayan sudah sesuai dengan tata cara yang baik dan memperhatikan daya dukung lingkungan?
  10. Bagaimana usaha yang dilakukan oleh UPT PPN Brondong dalam meningkatkan penerimaam Negara dari hasil tangkapan ikan ini?

Dengan adanya wawancara ini diharapkan agar Tim Analis APBN pada Pusat Kajian Anggaran Badan Keahlian Dewan bisa mendapatkan data yang bisa dijadikan acuan untuk APBN pada Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR-RI.