Produksi Ikan

Penumbuhan Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan (POKLAHSAR Karya Baru)

Penulis : , | 25/03/2019 11:05

Prigi - Kelembagaan pelaku utama perikanan adalah kumpulan para pelaku utama perikanan yang terkait secara informal atas dasar keserasian dan kebutuhan bersama di lingkungan serta dalam pengaruh dan pimpinan seorang ketua kelompok pelaku utama kelautan dan perikanan. Pelaku utama perikanan adalah nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan, pemasar ikan, dan masyarakat yang melakukan usaha di bidang kelautan dan perikanan beserta keluarga intinya.

Sasaran dari kegiatan penumbuhan kelembagaan yang dilaksanakan adalah pelaku utama perikanan yang bergerak di bidang pemasaran ikan yang belum tergabung ke dalam kelompok. Guna terciptanya penumbuhan kelembagaan pelaku utama perikanan, maka perlu dilakukan upaya-upaya yang dapat memotivasi masyarakat yang berprofesi sebagai pemasar ikan agar dapat tumbuh mandiri. Adapun tahapan-tahapan penumbuhan kelembagaan pelaku utama yang telah dilaksanakan oleh penyuluh yaitu identifikasi potensi wilayah dengan dasar potensi perikanan di wilayah setempat, keadaan ekonomi budaya masyarakat setempat, dan dinamika masyarakat. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan penumbuhan. Agar pelaku utama dapat membentuk kelompok, perlu adanya rangsangan dan motivasi yang dilakukan antara lain sosialisasi penumbuhan kelembagaan, pertemuan lanjutan (pembentukan kelompok) dan pengukuhan kelembagaan oleh pejabat wilayah setempat.

Kegiatan Penumbuhan Kelembagaan Pelaku Utama, dalam hal ini kelompok pemasaran ikan (Kelompok Pengolah dan Pemasar / POKLAHSAR) dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Maret 2019 bertempat di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo. Penumbuhan kelembagaan ini dilakukan dengan unsur adanya kepentingan yang sama, motivasi untuk maju, saling mengenal dengan akrab, saling percaya, dan rasa tanggung jawab. Pendampingan dan pembinaan akan terus dilaksanakan melalui berbagai metode penyuluhan sebagai upaya pemberdayaan dan pengembangan kelembagaan pelaku utama perikanan sehingga diharapkan mampu mengembangkan kelembagaan pelaku utama dan pelaku usaha yang mandiri.

Pada acara pembentukan kelompok tersebut disepakati nama kelompok yaitu POKLAHSAR Karya Baru. POKLAHSAR merupakan kelompok pengolah dan/atau pemasar hasil perikanan yang melakukan kegiatan ekonomi bersama dalam wadah kelompok. Selain itu disepakati pula kepengurusan kelompok (ketua, sekretaris, bendahara), besaran iuran wajib, dan tanggal pertemuan rutin kelompok. POKLAHSAR Karya Baru beranggotakan 15 (lima belas) orang pemasar ikan segar. Kegiatan pemasaran dilakukan di pasar-pasar tradisional yang ada di Kecamatan Watulimo. Sedangkan pengukuhan kelembagaan oleh pejabat wilayah setempat (Lurah) dilaksanakan pada tanggal  25 Maret 2019 dan dilaporkan ke Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek.

Pendampingan penyuluhan akan dilanjutkan pada tahap kemitraan usaha, dimana kegiatan ini meliputi inventarisasi sumber daya alam, sumber daya ekonomi, dan sumber daya manusia, membuat kesepatakan pelaksanaan kemitraan usaha, bimbingan kemitraan usaha, perluasan jaringan kemitraan usaha, dll. Selain itu juga akan dilaksanakan tahap monitoring dan evaluasi meliputi pengendalian dan monitoring proses pelaksanaan yang sedang berjalan serta evaluasi terhadap keberhasilan yang telah dicapai.