Produksi Ikan

Penumbuhan Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan

Penulis : , | 28/02/2019 15:55

Penumbuhan kelembagaan pelaku utama adalah proses inisiasi dan fasilitasi tumbuhnya suatu kerjasama yang bersumber dari kesadaran pelaku utama dengan cara bergabung dalam kelompok untuk meningkatkan taraf hidupnya dengan prinsip kesamaan kepentingan, sumber daya alam, sosial ekonomi, keakraban, saling mempercayai dan keserasian hubungan antara pelaku utama, sehingga dapat merupakan faktor pengikat untuk kelestarian kehidupan berkelompok, dimana setiap anggota kelompok dapat merasa memiliki dan menikmati manfaat sebesar-besarnya dari apa yang ada dalam kelompok.

Sosialisasi penumbuhan kelembagaan kepada pemerintah setempat, tokoh masyarakat, pelaku utama, pelaku usaha perikanan tentang identifikasi potensi wilayah telah dilakukan sejak bulan Januari 2019. Kegiatan Penumbuhan Kelembagaan Pelaku Utama, dalam hal ini kelompok bidang perikanan tangkap (Kelompok Usaha Bersama / KUB) dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Februari 2019 bertempat di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo. KUB merupakan kelompok yang dibentuk oleh nelayan berdasarkan kesepakatan atau musyawarah seluruh anggota yang dilandasi oleh keinginan bersama dan dipertanggungjawabkan secara bersama. Pada acara tersebut disepakati nama kelompok yaitu KUB Cengkrong Makmur dan disepakati pula kepengurusan kelompok yang meliputi ketua, sekretaris, dan bendahara.KUB Cengkrong Makmur beranggotakan 10 (sepuluh) orang nelayan dengan kapal kecil (ukuran kapal < 7 GT) dan menggunakan alat tangkap jaring insang (Gillnet). Sedangkan pengukuhan kelembagaan oleh pejabat wilayah setempat (Lurah) dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2019 dan dilaporkan ke Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek.

Penumbuhan kelembagaan ini dilakukan dengan unsur adanya kepentingan yang sama, motivasi untuk maju, saling mengenal dengan akrab, saling percaya, dan rasa tanggung jawab. Pendampingan dan pembinaan akan terus dilaksanakan melalui berbagai metode penyuluhan sebagai upaya pemberdayaan dan pengembangan kelembagaan pelaku utama perikanan sehingga diharapkan mampu mengembangkan kelembagaan pelaku utama dan pelaku usaha yang mandiri.