Produksi Ikan

Sosialisasi Dengan Pengguna Jasa Terkait Penertiban Perbaikan Kapal di PPN Brondong

Penulis : , | 29/01/2019 11:30

Brondong- Di ruang rapat lantai I Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong dilaksanakan kegiatan Sosialisasi terhadap Pengguna Jasa terkait penertiban kapal yang melakukan perbaikan berat (Lambung kanan, kiri, rumah dan pengecatan) di dermaga/kolam Pelabuhan Perikanan, pukul. 13.00 WIB, Selasa (15/01/2019).

Sosialisasi di pimpin oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Dedi Sutisna, beserta Pejabat Eselon IV, diikuti oleh 20 peserta pengguna jasa yang yaitu Pemilik dan Nahkoda kapal perikanan terutama yang melakukan perbaikan kapal di dermaga pelabuhan perikanan saat ini.

Ka.Sub.bag Tata Usaha, Ririn Sugihariyati, menyampaikan terkait kebersihan dan keamanan “ jangan sampai limbah oli maupun sampah jangan dibuang ke kolam dan dermaga pelabuhan yang nantinya akan mencemari ikan hasil tangkapan nelayan disaat bongkar ikan. Juga keamanan kapal bukan hanya sebagai tanggung jawab pelabuhan saja tetapi juga sebagai tanggung jawab pemilik kapal, setiap kapal harus ditempatkan ABK untuk menjaga keamanan kapal masing-masing.

Kasi Operasional Pelabuhan, Sri Agung Prayitno, menyampaikan” bahwa sesuai dengan PP No. 75 tahun 2015 bahwa semua kapal yang bersandar, bongkar maupun perbaikan di Pelabuhan harus dikenakan tarif. Tali Selambar/Batek yang sudah tidak terpakai harus dibuang karena jika tetap ditaruh di Pelabuhan akan dikenakan tarif, begitu juga kapal yang rusak jangan diparkir di kolam pelabuhan karena akan kena tarif.

Kasi Tata Kelola dan Pelayanan Usaha, Ambar Tri Harnanto, menjelaskan tentang biaya yang berkaitan dengan biaya tambat labuh, penempatan batek/peralatan kapal yang lain yang ditaruh di dermaga sesuai dengan PP No. 75 tahun 2015.

Hasil keputusan rapat tersebut bahwa pengguna jasa setuju apabila dikenakan jasa untuk penumpukan barang di area dermaga perbaikan sesuai dengan PP. No.75 tahun 2015.