Produksi Ikan

Evaluasi Penerapan SHTI di PPS Cilacap

Penulis : , | 14/12/2018 15:20

PPS Cilacap (11/12/2018) – Kegiatan Evaluasi Penerapan Catch Certificate dalam rangka Traceability Produk Hasil Perikanan atau lebih dikenal dengan Sertifikasi Hasil Tangkapan Ikan (SHTI) diselenggarakan di Balai Pertemuan Break Water PPS Cilacap, Selasa 11 Desember 2018

Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap  Ir.Bambang Ariadi, M.M didampingi Kepala Bidang Operasional Perlabuhan dan Kesyahbandaran serta Kepala Seksi Kesyahbandaran membuka kegiatan Evaluasi Penerapan Catch Certificate dalam rangka Traceability Produk Hasil Perikanan sekalius memberikan sambutan, arahan dan paparan kepada peserta.

Peserta evaluasi penerapan SHTI berjumlah 50 orang yang berasal dari perusahaan perikanan, pemilik kapal, instansi terkait di pos pelayanan terpadu serta pegawai PPS Cilacap.

Penerapan SHTI dilatar belakangi untuk memenuhi ketentuan Uni Eropa; upaya Pemerintah untuk mencegah, mengurangi dan memberantas kegiatan IUU Fishing; serta meningkatkan penelusuran hasil tangkapan ikan oleh kapal penangkap ikan Indonesia.

Sedangkan tujuan penerapan SHTI adalah untuk memperlancar kegiatan perdagangan hasil tangkapan ikan; memberantas IUU Fishing; memastikan Treacibility hasil tangkapan ikan; serta konservasi dan pengelolaan sumberdaya perikanan secara berkelanjutan.

Peran Pelabuhan Perikanan dalam SHTI antara lain:

  • Dalam memroses penerbitan SHTI, petugas di pelabuhan perikanan melakukan verifikasi terhadap:
    1. Kelengkapan dokumen izin penangkapan ikan (SIPI atau Bukti Pencatatan Kapal Perikanan)
    2. Hasil pemeriksaan Logbook penangkapan ikan
    3. Kedatangan kapal perikanan di pelabuhan perikanan yang dibuktikan dengan Surat Tanda Bukti Lapor Kedatangan Kapal (STBLKK)
    4. Hasil pengumpulan data produksi kapal perikanan di pelabuhan perikanan
  • Memperhatikan standar waktu pelayanan penerbitan SHTI
  • Dalam rangka memastikan penelusuran hasil perikanan yang akan diekspor, Otoritas Kompeten Lokal Pelabuhan Perikanan dapat melakukan pengecekan asal bahan baku hasil perikanan pada unit penangkapan ikan dan pengolahan ikan terkait (pasal 17 Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 13 tahun 2012 tentang Sertifikasi Hasil Tangkapan Ikan)

Hasil  evaluasi penerapan SHTI di PPS Cilacap, data pelayanan SHTI tahun 2018 berjumlah 222 atau naik sebesar 51% dibandingkan tahun lalu yang hanya berjumlah 147.

Selain itu dilaksanakan juga kegiatan sosialisasi e-log book penangkapan ikan.  Aplikasi e-log book penangkapan ikan adalah Aplikasi pelaporan data hasil tangkapan ikan secara elektronik/digital, yang diisi secara mandiri oleh Nakhoda pada saat keberangkatan dan kedatangan serta selama operasi penangkapan ikan secara eletronik dikirimkan ke dalam Sistem Informasi Log Book Penangkapan Ikan (SILOPI).