Produksi Ikan

Psikotes, Langkah PPN Sungailiat Prediksi Performa Pegawai

Penulis : , | 06/12/2018 17:22

Sungailiat (05/12/2018) – Bagi sebagian orang, psikotes tampak menyeramkan seperti halnya tes tertulis. Ada pula yang menyepelekan psikotes karena merasa psikotes tak banyak menentukan diterima tidaknya seseorang menjadi staf atau karyawan di suatu tempat kerja.

Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat melaksanakan kegiatan test psikotes yang  bertujuan untuk melihat dan menilai sikap kerja dan kepribadian pegawai di lingkungan PPN Sungailiat.

Kegiataan tes psikotes dilakukan di gedung Balai Pertemuan Nelayan PPN Sungailiat pada pagi tadi (Rabu/05/12/2018). Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 46 pegawai di lingkungan PPN Sungailiat.

Kepala PPN Sungailiat megatakan aspek yang dinilai dalam tes psikologi meliputi kecerdasan kepribadian dan sikap kerja. Tujuan tes adalah untuk mengungkap potensi psikologis dari calon peserta.

Dari aspek kecerdasan akan diungkap kemampuan berfikir praktis, berfikir verbal, berfikir logis dan berfikir analitis. Dari aspek kepribadian akan diungkap potensi stabilitas emosi, prososial, penyesuaian diri, kepercayaan diri, pengambilan keputusan dan motif berprestasi. Sedangkan dari aspek sikap kerja akan diungkap potensi kecepatan kerja, keteitian kerja dan ketahanan kerja. Metode tes dengan tes tertulis. Mekanisme tes dilaksanakan secara transparan dan akuntabel