Produksi Ikan

Kunjungan Kerja Komisi III DPRD Kabupaten Bangka ke PPN Sungailiat

Penulis : , | 04/12/2018 08:08

Komisi III DPRD Kabupaten Bangka melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat, Senin (03/12/2018) untuk berkomunikasi dengan Kepala dan jajaran PPN Sungailiat. Rombongan langsung diterima oleh Kepala PPN Sungailiat.

Pada kesempatan tersebut rombongan Komisi III DPRD Kab. Bangka menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan keberadaan KIP Jarumaitri 5 dan terkait adanya pungutan kapal non perikanan di PPN Sungailiat. Kepala PPN Sungailiat dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa penarikan pungutan kapal non perikanan di PPN Sungailiat sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 75 tahun 2015 tentang Pungutan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan, penjelasan terkait pungutan kapal non perikanan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 75 tahun 2015 berada di halaman 6 pada lampiran. Selain dikenai jasa labuh kapal non perikanan dikenai jasa kebersihan kolam pelabuhan sesuai dengan lapiran PP 75 tahun 2015 halaman 16 pada lampiran.

Dipenghujung kunjungan kerja tersebut Komisi III DPRD Kab. Bangka memberikan arahan kepada pihak KIP. Jarumaitri 5 untuk memindahkan posisi kapal. Sedangkan upaya yang sudah dilakukan oleh pihak KIP. Jarumaitri 5 memaksimalkan perbaikan kapal agar kapal tersebut bisa keluar dari alur PPN Sungailiat.

Selain melihat kondisi KIP. Jumaitri 5, rombongan Komisi III DPRD Kab. Bangka juga melihat kondisi alur muara PPN Sungailiat disela-sela kunjungan tersebut ketua rombongan berdialog dengan PT Pulomas yang melakukan pengerukan alur muara. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi alur muara PPN Sungailiat menjelang memasuki musim Tenggara dimana seperti tahun-tahun sebelumnya alur muara menyempit ketika memasuki musim Tenggara, sehingga membuat nelayan disana susah keluar masuk pelabuhan.