Produksi Ikan

PPS Cilacap Hadiri Peringatan Hari Nusantara ke-18 di Benteng Pendem Cilacap

Penulis : , | 26/11/2018 16:20

PPS Cilacap (14/11/2018) Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap yang diwakili oleh Kepala Seksi Tata Kelola Sarana dan Prasarana, Sulis Kurniawati, S.ST serta Kepala Seksi Pelayanan Usaha Daniel Wahyu S, S.Sos, menghadiri Peringatan Hari Nusantara ke 18 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2018  di Objek Wisata Benteng Pendem Cilacap, Rabu (14 November 2018).

Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Nusantara ke -18 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2018 yang dimeriahkan dengan lomba memancing ikan lele yang di ikuti oleh 200 peserta dan lomba mewarnai gambar yang di ikuti oleh 100 peserta didik tingkat PAUD dan TK se Kabupaten Cilacap.

Peringatan Hari Nusantara ke - 18  Dibuka oleh  Wakil Bupati Cilacap, Syamsul  Auliya Rachman, S.STP, MSi yang dihadiri oleh Beberapa Instansi Pemerintah dan Swasta di Kabupaten Cilacap  diantaranya BPKAD, Dishub, Dinas P dan K, Dinas Pemuda, Olah raga dan Priwisata, PPS Cilacap, Satker PSDKP, Lanal, Polres, Polairud, KSOP, PT.Pelindo III, Distrik Navigasi, Pertamina RU IV, PT Holcim dan PT.S2P PLTU Cilacap.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Cilacap mengatakan bahwa, “peringatan Hari Nusantara harus dimaknai untuk terus meningkatkan kecintaan terhadap alam Nusantara khususnya potensi Kelautan dan Perikanan yang ada di Kabupaten Cilacap. Diadakannya  Lomba mancing yaitu untuk mengajak masyarakat menggunakan alat tangkap ramah lingkungan dalam pemanfaatan sumber daya ikan”.

Lebih lanjut Wabup Cilacap mengatakan,“Dalam memancing ada tiga hal, yaitu strategi, kesabaran, dan keberuntungan sedangkan Lomba mewarnai gambar  motivasinya, kita mendidik anak anak untuk mencintai kekayaan  alam sejak dini”. 

Ketua Panitia Pelaksana yaitu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap, Ir. Sujito M.Si menjelaskan bahwa, Kegiatan lomba mancing tersebut di ikuti oleh 200 orang pemancing dan untuk lomba mewarnai diikuti oleh  100 anak didik dari PAUD dan TK tingkat Kabupaten Cilacap. Ada sebanyak 350 kg ikan lele yang ditebar dikolam dengan ukuran terbesar yaitu 3,8 kg dan yang terkecil ukuran 0,5 kg  dengan durasi waktu selama 2,5 jam yang dimulai dengan pelembaran joran oleh Wakil Bupati Cilacap  dengan Tujuan  untuk mengekspos potensi sumber daya perikanan yang sangat besar di Kabupaten Cilacap.