Produksi Ikan

RAPAT PEYUSUNAN STANDAR PELAYANAN, STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DAN MAKLUMAT PELAYANAN DALAM RANGKA PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI DI PPN PRIGI

Penulis : , | 23/11/2018 07:14

Prigi - Menindak lanjuti asistensi yang pernah dilakukan oleh Direktorat Perikanan Tangkap Inspektorat Jendral Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Jumat (16/11/ 2018) dilakukan Rapat Penyusunan Standar Pelayanan, Standar Operasional Prosedur danMaklumat Pelayanan Dalam Rangka Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi di ruang Kepala Pelabuhan Perikanan Prigi.

Rapat ini membahas mengenai standar pelayanan, komponen isian standar pelayanan, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan penyusunan Maklimat pelayanan publik. Untuk standar pelayanan telah disepakati 21 standar pelayanan sebanyak 21 layanan, yaitu :

  • Pelayanan Penggunaan BPN
  • Pelayanan Penggunaan Lahan dan Bangunan
  • Pelayanan Pas masuk
  • Pelayanan Penggunaan Peralatan TPI
  • Pelayanan Jasa Kebersihan
  • Pelayanan Jasa Penumpukan Barang
  • Pelayanan Penggunaan kendaraan / truk insuleted
  • Pelayanan Penggunaan unit pendingin
  • Pelayanan Pembayaran listrik
  • Pelayanan Penggunaan unit pendingin
  • Pelayanan Pembayaran Listrik
  • Pelayanan Jasa Bengkel
  • Pelayanan Jasa Tambat Labuh
  • Pelayanan Jasa Pengambilan Air laut
  • Pelayananan Penerbitan Surat Berlayar
  • Pelayananan Penerbitan STBLK Datang
  • Pelayananan Penerbitan STBLK Berangkat
  • Pelayananan Pemberian Rekomendasi BBM
  • Pelayananan Penerbitan SHTI
  • Pelayananan Logbook Hasil Penagkapan Ikan
  • Pelayanan Pengawasan dan pengujian Mutu Hasil Perikanan
  • Pelayanan Data & Informasi Pelabuhan Perikanan
  • Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Inspeksi Pembongkaran Ikan ( SKH-IPI)

Dan untuk melengkapai Form 1 untuk masing - masing jenis pelayanan juga disepakati komponen isian  standart Pelayanan sebagai berikut :

  1. Proses penyampaian Pelayanan
  • Persyaratan
  • Sistem, Mekanisme dan Prosedure
  • Jangka Waktu Penyelesaian
  • Biaya/Tarif
  • Produk Pelayanan
  • Penanganan aduan, saran dan masukan
  1. Pengelolaan Internal
  • Dasar Hukum
  • Sarana, Prasarana dan fasilitas
  • Kompetensi Pelaksana
  • Pengawasan Internal
  • Jumlah Pelaksana
  • Jaminan Keamanan
  • Evaluasi Kinerja Pelaksana

Adapun isi dari  Maklumat pelayanan Publik adalah sebgai berikut:

“ Kami berupaya memberikan pelayanan yang terbaik sesuai mekanisme, prosedur, serta standart pelayanan yang telah ditetapkan guna mewujudkan visi misi serta kepuasan masyarakat”

Dan untuk melengkapi form 3 pihak PPN Prigi berencana melaksanakan pertemuan dengan pihak steakholder pada hari senin tanggal 19 November 2019 untuk menyepakati SP dan SOP yang telah dibuat

Di akhir rapat pimpinan rapat ( PLt. Kepala Pelabuhan) menyampaikan setelah penyusunan standart pelayanan dan Standart Operasional Prosedur ini selesai segera dilaksanankan pertemuan dengan pihak steakholder untuk menyepakatinya.