Produksi Ikan

Nelayan Bitung Tak Perlu Risau, Ngisi Log Book Penangkapan Ikan Tinggal Download Di Playstore Saja

Penulis : , | 24/10/2018 13:23

Bitung, 24 Oktober 2018. Syahbandar PPS Bitung yang dikomandoi Bapak Tony memperkenalkan keunggulan - keunggulan e log book berbasis android kepada nahkoda dan pemilik-pemilik kapal. Meskipun secara personal, mulut ke mulut,  nahkoda dan pemilik kapal antusias terhadap aplikasi ini. Hal tersebut dilakukan atas perintah  Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera  (PPS)  Bitung Bapak Hendry sewaktu apel pagi agar kedepan laporan log book bisa lebih valid dan bisa dipertanggung-jawabkan.

Perlu diketahui, dasar hukum kegiatan tersebut adalah PERMEN KP Nomor 48 Tahun 2014 tentang Logbook Penangkapan Ikan. Setiap kapal perikanan yang mempunyai SIPI > 5 GT yang beroperasi di WPP-NRI dan laut lepas wajib mengisi Formulir Logbook Penangkapan Ikan pada setiap operasi penangkapan ikan. Pengisian Merupakan tanggung jawab Nakhoda; Wajib diisi di atas kapal; Pengisian data akurat, up to date dan objektif Sesuai dengan format yang telah ditetapkan; Nakhoda menyerahkan log book di pelabuhan perikanan kepada syahbandar di pelabuhan perikanan atau petugas yang ditunjuk oleh Dirjen bagi pelabuhan yang bukan pelabuhan perikanan. Namun sekarang tidak harus terlalu ribet, cukup instal aplikasi di playstore, nahkoda bisa mengisi dengan mudah hanya dengan menyentuh layar HP. Tanpa kertas, tanpa perlu ke Pelabuhan dan bisa di isi meski tanpa sinyal (mode offline).

PPS Bitung sendiri mendapat kesempatan menjajal Log Book berbasis android ini pada petengahan september 2018. Tentu setelah mendapat arahan dari Pusat beserta operator aplikasi. Aplikasi ini diuji coba di dua kapal, KM Tabita 02 dan KM Usaha Bahari 02 serta didampingi oleh observer PPS Bitung yakni Noto S dan Yohanes K. Uji coba berlangsung sukses.