Produksi Ikan

Standar pelayanan SHTI

Penulis : , | 17/10/2018 11:47

STANDAR PELAYANAN PUBLIK

SERTIFIKAT HASIL TANGKAPAN IKAN (SHTI)

DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA PEMANGKAT

 

NO

KOMPONEN STANDAR PELAYANAN

URAIAN

Service Delivery

1.

Dasar Hukum

  1. UU RI Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. UU RI Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan;
  3. PERPRES RI Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  4. PERMEN KP RI Nomor PER.08/MEN/2012 tentang Kepelabuhan Perikanan;
  5. PERMEN KP RI Nomor 13/MEN/2012 tentang Sertifikasi Hasil Tangkapan Ikan;
  6. PERMEN KP RI Nomor 32/PERMEN-KP/2014 tentang Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan;
  7. PERMEN KP RI Nomor 20/PERMEN-KP/2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT Pelabuhan Perikanan.

2.

Persyaratan

  • Surat Permohonan penerbitan SHTI-Lembar Awal dari Nakhoda, pemilik kapal atau yang ditunjuk oleh pemilik kapal.
  • Draft SHTI-Lembar Awal,
  • Fotokopi Identitas Pemohon (bagi pemula),
  • Fotocopi Surat Tanda Bukti Lapor Kedatangan Kapal;
  • Fotokopi Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) bagi pemula;
  • Laporan hasil verifikasi pendaratan ikan,
  • SKPI bagi kapal penangkap ikan yang mendaratkan ikan hasil tangkapan pada pelabuhan perikanan atau pelabuhan umum yang tidak ditetapkan sebagai Otoritas Kompeten Lokal;
  • Sudah terdaftar di RFMOs bagi kapal yang menangkap ikan di Laut Lepas,

3.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

  1. Pemohon (Nakhoda, Pemilik Kapal, atau yang ditunjuk oleh pemilik kapal) mengajukan Permohonan ke Otoritas Kompeten Lokal (OKL) atau Pejabat Alternate Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat, dengan melampirkan berkas-berkas sesuai yang telah di persyaratkan.
  2. Otoritas Kompeten Lokal (OKL) atau Pejabat Alternate Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dan kesesuaian persyaratan paling lama 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diterima secara lengkap. Hasil pemeriksaan berupa persetujuan atau penolakan penerbitan SHTI-Lembar Awal.
  3. Petugas/Operator SHTI melakukan  Registrasi & Pencetakan.
  4. Otoritas Kompeten Lokal (OKL) atau Pejabat Alternate Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat memeriksa dan mengesahkan SHTI
  5. Pengecapan/stempel, penyerahan & pengarsipan SHTI

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

53 menit

5.

Biaya/tarif

Tidak dipungut biaya/tarif

6.

Produk Pelayanan

Sertifikat Hasil Tangkapan Ikan

7.

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

  • Kotak Saran PPN Pemangkat;
  • Email : pemangkat_ppn@yahoo.com
  • www.lapor.go.id (sms ke 1708)
  • No. Tlp/HP : 0821 5032 4357
  • Tim Pengaduan Pelayanan Publik
  •           Humas PPN Pemangkat
  •     @PPN_Pemangkat

Manufacturing

8.

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas

  1. Sarana
  • Meja & Kursi
  • Lemari Arsip
  • Komputer & Printer
  • Alat Tulis Menulis (ATK)
  • Internet
  • Blanko Sertifikat Hasil Tangkapan Ikan
  1. Prasarana dan/atau Fasilitas
  • Kantor Pelayanan Terpadu
  • Ruang tunggu
  • Kamar kecil

9.

Kompotensi Pelaksana

  • Minimal SLTA sederajat
  • Memiliki kompetensi dan Kualifikasi (Sertifikat SHTI)
  • Pernah mengikuti BIMTEK SHTI

10.

Pengawasan Internal

Tim Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat

11.

Jumlah Pelaksana

  • 2 Pejabat Struktural (OKL)
  • 2 Petugas/Operator SHTI

12.

Jaminan Pelayanan

Pelayanan tepat, Cepat, Akurat dan Akuntable

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Sertifikat Hasil Tangkapan Ikan (SHTI) berlogo GARUDA yang di tandatangani oleh Otoritas Kompeten Lokal (OKL) atau Pejabat Alternate Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat dan terdapat Cap Pelabuhan Perikanan.

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  • Sasaran Kinerja Pegawai (SKP)
  • Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)