Produksi Ikan

Ubur-ubur masih melimpah PPS Cilacap

Penulis : , | 01/10/2018 09:02

PPS Cilacap (27/09/2018) – Hingga hari ini nelayan di PPS Cilacap masih sibuk dengan melimpahnya hasil tangkapan berupa ubur-ubur.

Ubur-ubur atau Jelly Fish tersebut ditangkap oleh para nelayan memakai kapal kurang dari 5 GT disekitar perairan cilacap dengan menggunakan alat tangkap serok/caduk atau alat tangkap lainnya.

Dalam sehari para nelayan dapat memperoleh hasil tangkapan ubur-ubur mencapai lebih dari 1 ton/kapal sehingga secar keseluruhan hasil yang diperoleh dalam sehari mencapai lebih dari 50 ton. Namun karena harga ekspor yang memang menurun serta keterbatasan tenaga kerja untuk mengolah ubur-ubur mengakibatkan naik turunnya harga ubur-ubur tersebut. Saat ini harganya Rp.650/kg, harga sebelumnya adalah Rp.700/kg. harga ubur-ubur tersebut masih rendah dibandingkan harga beberapa tahun yang lalu dimana harganya bisa mencapai Rp.1000 hingga Rp.1500/kg.( http://pipp.djpt.kkp.go.id/detail_berita/760  dan             https://www.youtube.com/watch?v=gkqlSv8yQmc )

 

Nelayan menjual hasil tangkapan ubur-ubur tersebut pada para pengepul di lapak-lapak yang berada di sekitar bantaran sungai kaliyasa PPS Cilacap. Kemudian akan  dijual kembali kepada pengolah ubur-ubur di sekitar kawasan PPS Cilacap untuk dikeringkan dan selanjutnya akan di ekspor ke bebrerapa negara Asia khusunya Jepang, Korea dan China.

Dengan masih adanya kendala tenaga kerja dan masalah ekspor tersebut, para pengolah ubur-ubur tidak setiap hari beroperasi dan tidak melakukan pembelian dari para pengepul sehingga nelayan tidak melakukan operasi penangkapan ubur-ubur setiap hari.