Produksi Ikan

Pelatihan pendampingan operasional Alat Penangkap Ikan (API) Ramah Lingkungan

Penulis : , | 28/09/2018 21:19

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan wilayah perairan mencapai tiga perempat dari total luas wilayah, mempunyai kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan yang melimpah dan dapat menjadi andalan   untuk   mendukung   pembangunan   nasional.   Pembangunan kelautan dan perikanan tersebut dilaksanakan untuk mewujudkan 3 (tiga) misi utama, yakni: (1) kedaulatan (sovereignity), (2) keberlanjutan (sustainability), dan (3) kesejahteraan (prosperity).

Salah satu sub sektor yang mempunyai peran penting dalam menunjang pelaksanaan pembangunan kelautan dan perikanan adalah perikanan tangkap. Sub sektor ini sangat strategis sebagai  penyedia bahan pangan bergizi, lapangan perkerjaan bagi masyarakat serta memberikan kontribusi dalam menghasilkan penerimaan Negara

Untuk mewujudkan misi Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2015-2019 sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 45/PERMEN-KP/2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 25/PERMEN- KP/2015 tentang Rencana Strategis Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2015-2019, salah satu kegiatan yang menjadi prioritas pada tahun 2016 adalah bantuan sarana penangkapan ikan. Bantuan dimaksud dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap.

Bantuan sarana penangkapan ikan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh penerima bantuan untuk meningkatkan produktivitas penangkapan dan mutu hasil tangkapan, sehingga pendapatan nelayan dapat meningkat. Selanjutnya, untuk kelancaran pelaksanaan bantuan perlu diadakan pelatihan pendampingan operasional alat penangkapan ikan sehingga nelayan penerima bantuan alat penangkapan ikan dapat memanfaatkan secara maksimal dan optimal.

Bertempat di Gedung TPI Higienis PPN Pengambengan, Pelatihan pendampingan operasional alat penangkapan ikan (API) ramah lingkungan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari. Dari tanggal 7 sampai dengan 9 september 2018. adapun dimaksudkan dan tujuannya yaitu : 1). meningkatkan kapasitas pengetahuan nelayan tentang alat tangkap ramah lingkungan melalui bantuan alat penangkapan ikan; 2). Meningkatkan produktivitas usaha penangkapan ikan melalui pendampingan operasional alat penangkap ikan. Kegiatan ini di ikuti oleh 30 nelayan yang mendapatkan bantuan alat tangkap yang sebelumnya diserah terimakan secara simbolis oleh Bupati Jembrana. Dan penyampaian materi dan praktek PPN Pengambengan bekerjasama dengan Balai Besar Penangkapan Ikan Semarang.