Produksi Ikan

Sosialisasi Zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Belitung di PPN Tanjungpandan

Penulis : , | 25/09/2018 09:52

Tanjungpandan (25/09) - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Belitung menggelar kegiatan sosialisasi zakat di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjungpandan, Kamis (13/09). Sosialisasi tersebut diadakan di Balai Pertemuan Nelayan PPN Tanjungpandan yang dihadiri oleh Kepala PPN Tanjungpandan, Priyagus, Kabid Pengumpulan dan Sosialisasi Baznas M. Amin Nasution, Staf Baznas, dan pegawai PPN Tanjungpandan.

Sosialisasi zakat ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menjelaskan tentang zakat itu sendiri, jenis-jenis zakat, dan kemana zakat tersebut disalurkan oleh Baznas Kabupaten Belitung. Amin Nasution mengatakan bahwa masyarakat belum banyak memahami zakat. “Zakat itu artinya suci. Dengan mengeluarkan zakat, maka sama dengan kita mensucikan harta”, ujarnya. Beliau juga menjelaskan saat ini masih ada zakat yang disalurkan kurang tepat sasaran dan kurangnya pemahaman kemana zakat seharusnya disalurkan. “Salah satu manfaat zakat yang disalurkan oleh Baznas yaitu digunakan untuk pendidikan. Kami memiliki program zakat beasiswa yang dilaksanakan tiap tahun. Jadi selain untuk memberikan bantuan kepada 8 golongan yang berhak menerima zakat, zakat juga diberikan kepada adik-adik sekolah dengan harapan bisa meringan beban ekonomi keluarga mereka”.

Melalui sosialisasi ini Baznas Kabupaten Belitung juga mengharapkan kepada pegawai PPN Tanjungpandan, baik PNS maupun Non PNS untuk berpartisipasi dalam pengumpulan zakat melalui zakat penghasilan dengan persentase nilai yang telah ditentukan dan tentunya tidak memberatkan apalagi merugikan bagi yang ikhlas mengeluarkan zakatnya. (YL)

 

 

oleh. Yuanna Lestari, S.Pi