Produksi Ikan

Sosialisasi dan Respon Nelayan terhadap penggunaan PPDPI

Penulis : , | 24/09/2018 11:27

Kegiatan ini dilaksanakan 19 September 2018 di Ruang Pertemuan PPN Prigi. Di hadiri oleh Kadis. Perikanan Kab Trenggalek, Narasumber Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Bali, Plt. Kalabuh PPN Prigi, dengan peserta Nelayan, Penyuluh perikanan, Guru dan Siswa SMK Kelautan Watulimo.

Pengantar dan pembukanan oleh Narasumber BROL, Sambutan dan arahan disampaikan oleh Kadis Perikanan Kab. Trenggalek kemudian dilanjutkan Pelaksanaan informasi dan aktivitas nelayan oleh Kasi. Operasional Pelabuhan perikanan PPN Prigi. Dan penyampaian Aplikasi oleh Narasumber BROL Bali.

Aplikasi Laut Nusantara diciptakan untuk membantu nelayan kecil perseorangan yang selama ini mengandalkan tangkapan untuk menopang kehidupan keluarga mereka sehari-hari.

Aplikasi ini hasil kolaborasi antara Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata Tbk.

Nelayan makin terbantu karena dengan aplikasi ini bisa mengetahui informasi harga ikan di sejumlah pelabuhan. Data harga ikan diperoleh dari Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan pada Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Melalui aplikasi ini, nelayan juga memperoleh informasi tentang prakiraan harga bahan bakar minyak (BBM), termasuk simulasi prakiraan BBM yang dibutuhkan nelayan jika menuju lokasi tertentu dan simulasi biaya yang harus dikeluarkan untuk menuju lokasi tertentu.

Testimoni dari nelayan prigi, Mas Kacu menggunakan aplikasi ini dan memberitahukan pada teman Juragan kapal, ternyata posisi koordinat itu sama dengan posisi ikan ditangkap. Dan diharapkan nelayan lain ikut memakai aplikasi ini.... Maju terus perikanan Indonesia..... (PPN Prigi -19 Sep-2018)