Produksi Ikan

Hiu Paus (Rhincodon typus)

Penulis : , | 12/09/2018 19:25

Pada hari Selasa pagi (11/09/2018 ) Seekor Hiu Paus (Rhincodon typus) berukuran sedang tampak mengelilingi perairan Lekok. Hiu paus tersebut tampak menyambut kedatangan pegawai IP2SKP dan Pokmaswas Lekok. Hiu paus tersebut turut mengiringi kapal Pokmaswas yang kami tumpangi.

Menurut Pak Dullah selaku ketua Pokmaswas Lekok, Hiu Paus sering nampak di perairan Lekok akhir-akhir ini. "Biasanya mereka (berenang) berkoloni, tapi hari ini yang terlihat cuma satu."

Dan Hannan, salah satu pegawai IP2SKP Lekok menuturkan bahwa ini kali pertama dia melihat Hiu Paus di Perairan Lekok. "Ini pertama kali saya melihat Hiu Paus di sini (Perairan Lekok)."

Dengan adanya fenomena ini, kedepannya dapat dijadikan pacuan untuk warga sekitar agar tetap menjaga kebersihan lingkungan daratan dan lautan agar hewan-hewan langka yang dilindungi tersebut dapat beradaptasi dan hidup berdampingan dengan kita (para nelayan).

Mungkin Paus itu diduga ditinggal oleh kawanannya karena sedang sakit, sehingga terdampar di Perairan lekok yang juga merupakan kawasan dari IP2SKP Lekok. Dan alhasil kita (Pegawai IP2SKP lekok) melanjutkan perjalanan menuju tujuan awal ke bagan apung dan membiarkan paus itu berenang bebas di lautan . (DNG_18)