Produksi Ikan

Pemantauan Pemanfaatan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (Tanaman Vegetasi Pantai)

Penulis : , | 06/09/2018 09:41

Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dinas di bidang pengawasan dan pengendalian sumberdaya perikanan dan kelautan, melaksanakan sebagian tugas dinas di bidang tata ruang pengelolaan laut, pesisir dan pulau-pulau kecil serta melaksanakan sebagian tugas dinas di bidang kelautan dan perikanan. Salah satu tugas dari Seksi Pengawasan UPT P2SKP Muncar adalah melakukan kegiatan pemantauan atau monitoring pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan di wilayah kabupaten Banyuwangi dan Situbondo.

Selasa, 4 September 2018, tim pengawasan UPT.P2SKP Muncar melakukan monitoring/pemantauan tanaman vegetasi pantai di desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi. Selama kegiatan, tim ditemani Pak Sunarto, ketua Pokmaswas Benteng Samudra. Pokmaswas Benteng Samudra adalah salah satu pokmaswas binaan Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Banyuwangi yang menjadi koordinator KUB-KUB yang ada di desa bomo terebut. Pokmaswas yang baru berdiri tahun lalu ini sudah memiliki anggota berjumlah 56 orang.

Pantai Bomo adalah salah satu pantai yang memiliki pemandangan laut yang indah, pasir putihnya membentang sepanjang 1,8 hektar dengan air laut yang masih jernih sehingga pantai bomo memiliki potensi wisata yang cukup bagus untuk dikembangkan. Saat ini belum ada infrastruktur yang memadai di area lokasi guna menunjang ekowisata seperti akses jalan yang belum diaspal, MCK, pujasera dll.

       Adapun potensi tanaman yang bisa hidup dan berkembang adalah pohon cemara, karena memang kontur tanah yang didominasi pasir. Memang beberapa upaya sudah dilakukan oleh pokmaswas dan masyarakat setempat seperti setiap minggu mengadakan kerja bakti bersih-bersih pantai, menanam pohon cemara di beberapa titik namun upaya tersebut masih sangat kurang dan perlu perhatian dari banyak pihak seperti pemerintah daerah dan provinsi

Kedepan perlu perhatian khusus dari pemerintah setempat, baik daerah maupun provinsi agar segera dianggarkan untuk membangun beberapa infrastruktur seperti jalan, MCK, pujasera, mushola dan tempat parkir agar akses menuju lokasi bisa lebih mudah dan bisa memuaskan para pengunjung yang mengunjungi atau berwisata ke lokasi tersebut sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat sebagai salah satu ekowisata pantai di kabupaten banyuwangi.

Perlu diketahui, Banyak sekali manfaat cemara antara lain,  Manfaat cemara yang cantik, hijau, dan rindang juga mampu menjadi pelindung jalan. Hal ini dikarenakan pohon cemara yang mampu tumbuh sangat tinggi dan lebat. Maka, mampu menjadi seolah payung jalanan yang memberikan efek rindang pada jalanan yang disekitarnya yang ditumbuhi dengan pohon cemara.

Untuk mencegah abrasi adalah lanjutan dari sederet manfaat dari pohon cemara. Dengan menanam pohon cemara, maka dapat mencegah abrasi yang terjadi di pantai. Mengapa pohon cemara yang dipilih untuk pencegahan abrasi? karena pohon pinus ini memiliki daya tahan yang bagus terhadap air laut. Bukan hanya itu, karena pohon cemara juga sangat tahan dengan guncangan angin. Maka dari itulah, pohon cemara yang dipilih untuk mencegah terjadinya abrasi di pantai

Dengan adanya pohon cemara yang ditanam di pesisir pantai, maka akan timbul rasa sejuk. Hal ini dikarenakan daun yang rimbun dari pohon cemara mampu membuat daerah sekitar pantai menjadi sejuk dan tidak terasa gersang serta panas. Pohon cemara memiliki daun yang lebat dan sangat rindang. Maka dari itulah, akan menjadi hal yang umum apabila dedaunnya yang mulai menua akan jatuh atau rontok ke tanah. Namun jangan salah, rontokan dari daun pohon cemara tersebut justru akan menjadi humus yang akan baik dan mampu memperbaiki kondisi tanah. Dengan menanami banyak pohon cemara contohnya cemara udang, maka akan memberikan efek yang luar biasa menguntungkan bagi tanaman. Maka tanaman yang butuh perlindungan seperti bawang merah, kacang tanah, atau juga kedelai dapat terlindung dari bahayanya angin yang mungkin mampu menghempas tanaman-tanaman tersebut