Produksi Ikan

Kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana oleh UPT P2SKP Tambakrejo demi Keamanan Nelayan dalam Melaut

Penulis : , | 30/08/2018 15:01

     Memasuki akhir bulan agustus 2018, kondisi cuaca di area laut lepas selatan tambakrejo sudah kondusif, gelombang tinggipun sudah tidak nampak. namun terkadang mendung ataupun gerimis dipagi hari masih sering terjadi di pelabuhan tambakrejo. disaat kondisi yang demikian, muncul suatu program dari upt p2skp tambakrejo untuk memberikan suatu alternatif yang tepat demi perkembangan kinerja kantor pelabuhan yang mana merupakan anak induk dkp provinsi jatim.

        adapun program atau kegiatan dari upt p2skp tambakrejo yang diagendakan yaitu sosialisasi mitigasi bencana. pengertian mitigasi itu sendiri mempunyai artian yang cukup banyak diantaranya; mitigasi adalah upaya untuk meminimalisir resiko terkena bencana yang akan terjadi, mitigasi merupakan amanah dari undang- undang no 27 tahun 2007 tentang pengelolaan pesisir dan pulau- pulau kecil serta juga secara umum mitigasi adalah upaya untuk mengurangi resiko bencana baik dengan pembangunan kapasitas fisik maupun peningkatan kemapuan sdm untuk menanggulangi bencana.

        hasil dari kegiatan sosialisasi mitigasi bencana tersebut cukup menarik perhatian banyak pihak. selain dari para undangan atau narasumber berkepentingan yang hadir seperti; kasi p2skp tambakrejo, kepala desa tambakrejo, perwakilan dpp kab. blitar, perwakilan bpbd kab. blitar, muspika, kamladu dan juga babinsa. pihak yang bersangkutan yakni para nelayan juga sangat antusias akan acara tersebut. mereka (para nelayan) dengan seksama memperhatikan dan mengikuti acara sampai selesai. diharapkan dengan setelah acara ini, bentuk aktivitas para nelayan dalam menangkap ikan lebih safety dan dapat dipertanggungjawabkan. pasalnya pihak upt p2skp tambakrejo dan para narasumber sudah memeberikan pengarahan tentang mitigasi bencana dan juga fasilitas oleh pihak pelabuhan berupa lift jacket untuk keamanan dalam melaut. (upt p2skp tambakrejo)