Produksi Ikan

GERAKAN BERSIH PANTAI & LAUT

Penulis : , | 21/08/2018 11:11

PANDU LAUT NUSANTARA adalah gerakan kolektif yang independent, bersifat terbuka dan berlandaskan Pancasila & UUD 1945. Organisasi Pandu Laut bersifat kerelawanan atau gerakan swadaya masyarakat yang berbasis di Pangandaran & Jakarta yang diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan pada tanggal 15 Juli 2018.    

Organisasi ini terbuka bagi siapa saja terutama generasi muda yang memiliki kepedulian untuk menjadikan Laut Nusantara bersih dari sampah, menjauhkan perusak dari laut serta dalam mengembangkan kesejahteraan masyarakat pulau dan pesisir yang sebagian nelayan. Pandu Laut Nusantara dibuat untuk menjadi wadah dari semua organisasi-organisasi pencinta laut mulai dari penyelam, komunitas yang hobi kayak, paddling, pariwisata serta semua asosiasi atau organisasi atau klub-klub yang peduli pada lingkungan terutama lingkungan laut. Kegiatan ini sesuai dengan visi misi Presiden untuk menjadikan laut kita masa depan bangsa.

Berkaitan dengan hal tersebut Pandu Laut Nusantara akan melaksanakan kegiatan GERAKAN BERSIH PANTAI & LAUT serta Aksi Serentak “Menghadap Laut” dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun  Republik Indonesia yang ke 73 Tahun, dengan diawali melakukan kegiatan membersihkan pantai dan laut di 73 titik di Indonesia yang termasuk juga di kawasan Pantai Prigi Kabupaten Trenggalek dilanjutkan bersama-sama melaksanakan Aksi Serentak “Menghadap Laut”.

Tujuan penyelenggaraan Kegiatan Pandu Laut dalam bentuk Gerakan Bersih Pantai & Laut adalah mewujudkan lautan yang bersih, sehat dan lestari ini dimana  laut yang lebih bersih dan sehat diharapkan akan bisa menghidupi masyarakat Indonesia dan juga dunia.

Tempat Pelaksanaan “GERAKAN BERSIH PANTAI & LAUT” adalah di Pantai Cengkrong (Depan BBUG) dan bergerak ke arah pantai Prigi 360. Waktu pelaksanaan : Hari Minggu, tanggal 19 Agustus 2018  Pukul  : 13.00 -16.00 WIB

Kegiatan diawali dgn upacara pembukaan kegiatan kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan bersih-bersih sampah sepanjang pesisir Pantai Cengkrong menuju Pantai Prigi 360. Setelah sampai titik akhir maka dilakukan drop-off  karung sampah. Acara selanjutnya Aksi Serentak Menghadap Laut yang akan dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB bertempat di Pantai Prigi 360. Seluruh peserta menghadap ke laut bersama-sama dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri sebanyak 3 kali.

 

 

Peserta kegiatan kurang lebih sebanyak 475 orang terdiri dari beberapa unsur yaitu :

  1. Instansi terkait meliputi :

PPN Prigi, Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Trenggalek, PSDKP Prigi, Perum Perindo Prigi, UPTD TPI, POLAIR Prigi, Posmat TNI AL di Prigi, Basarnas di Prigi, Instalasi Budidaya Air Payau Kec. Watulimo.

  1. Lembaga atau komunitas masyarakat meliputi Penjaga Pantai (relawan SAR) Prigi, Kelompok Sadar Wisata Prigi, Pokmaswas KEJUNG SAMODRA, Pokmaswas REMBENG RAYA, Pokmaswas HUMARA, Komunitas Peduli Lingkungan “MATA HATI” Durenan, Komunitas Innova Jatim (dr Trenggalek, Tulungagung), Unsur Nelayan (Juragan, juru mudi, penguras, tonda, jaring Tarik, pengurus keranjang, pancing), Klub HANTER (Honda Antik Trenggalek), Pramuka Saka Bahari, Bank Mandiri, SMPN 1 Watulimo, MTSN 4 Trenggalek, SMKN 1 Watulimo, BANSER lingkup Kec. Watulimo, Karang Taruna Desa Karanggandu, Lembaga masyarakat/Organisasi SENKOM, KOKAM, NIPONK,  WAST, JAMBE di Watulimo, ORARI Trenggalek, KPST Watulimo, IST Korwil Watulimo, IPNU lingkup Kec. Watulimo, RAPI Trenggalek
  2. Kegiatan ini juga di dukung oleh MUSPIKA Kecamatan Watulimo, Puskesmas lingkup Kec.Watulimo,  Dinas Pariwisata & Kebudayaan Trenggalek (Seksi Destinasi Wisata Pantai Prigi), UDPK Watulimo, Bank BRI unit Watulimo Trenggalek, Perusahaan Rokok Djarum, KRPH Prigi, Pemerintah Desa Tasikmadu, Karanggandu, Prigi, Margomulyo.

Hasil dari kegiatan ini adalah membersihkan pantai berhasil mengumpulkan sampah 1.7 Ton dan menciptakan rasa cinta dan kepedualian kita pada laut. Sehingga ekosistem dapat terjaga dan lestari dan keberlanjutan.