Produksi Ikan

GERAKAN BERSIH PANTAI DAN AKSI MENGHADAP KE LAUT DI PANTAI KASTELA - TERNATE

Penulis : , | 20/08/2018 06:06

GERAKAN BERSIH PANTAI DAN AKSI MENGHADAP KE LAUT DI PANTAI KASTELA - TERNATE

TERNATE (19/08) - Dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia yang ke-73, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama dengan organisasi Pandu Laut Nusantara melakukan aksi nasional bersih-bersih pantai di 73 titik perairan di indonesia secara serentak pada tanggal 19 agustus 2018.

Salah satu dari 73 titik tersebut adalah Ternate dengan titik lokasi adalah Pantai Kastela, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate.

Penyelenggara kegiatan di ternate di koordinir oleh 3 unit instansi vertikal dibawah KKP yaitu Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate, Stasiun Karantina Ikan dan Pengendali Mutu (SKIPM) Ternate, dan Satuan Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Satwas PSDKP) Ternate. Kegiatan ini didukung dan melibatkan kurang lebih 250 orang yang terdiri dari pihak penyelenggara, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate, Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate, Kelurahan Kastela, Koramil Pulau Ternate, Polsek Pulau Ternate, SMK 4 Kota Ternate, Komunitas Sadar Sampah Kota Ternate, Klub Diving dan Freediving Kota Ternate, serta masyarakat di lokasi setempat.

KEGIATAN :
Proses registrasi dilokasi dimulai dari jam 14.30 sampai jam 15.00 WIT yang dilanjutkan dengan pembukaan dan arahan dari Lurah Kastela dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate.

Hadir pada kegiatan tersebut :
- Kadis DKP Kota Ternate : Ruslan Bian;
- Plt. Kepala PPN Ternate : Jafar Sahubawa
- Kepala SKIPM Ternate : Abdul Kadir
- Plt. Kepala Satwas Psdkp Ternate : Armain Naim
- Danramil Pulau Ternate :   Lettu. Abd. Hadi Talaohu;
- Lurah Kastela
- Waka Polsek Pulau Ternate
- Wakasek SMK 4 Ternate
- Mantan pimpinan Kepala Pelabuhan dan Satwas Psdkp Ternate.
- Serta Komunitas Sadar sampah dan Komunitas peduli lingkungan lainnya.

Adapun antusias peserta yang mengikuti kegiatan ini melebihi target yang diperkirakan yaitu 285 orang dari target 250 orang.

Luas pantai kastela yang menjadi area kegiatan adalah : 2,8 Hektar.
Hasil sampah yang dipungut dan diangkut adalah sebanyak 1.355 ton, yang terdiri dari :
Sampah plastik campuran : 560 Kg, dan sampah kayu : 795 kg.
Sampah tersebut dipungut dan ditimbang kemudian diangkut dan dibawa ke TPA dengan menggunakan kendaraan milik Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate dan Pelabuhan Perikanan Nusantara Ternate.

AKSI MENGHADAP KE LAUT
Tepat jam 18.00 WIT semua peserta bergandengan tangan sepanjang pantai Kastela menghadap ke laut dan menyanyikan lagu indonesia raya.
Aksi ini dengan maksud untuk menumbuhkan kesadaran dan rasa cinta kita akan pentingnya menjaga pantai dan laut dari sampah. Karena di lautlah terdapat sumber kehidupan dan masa depan bangsa dan anak cucu kita. Jika pantai dan laut tercemar maka habitat, biota dan makhluk hidup yang ada terancam punah.

Semoga masyarakat sadar akan pentingnya pesan pesan yang disampaikan melalui kegiatan serta aksi ini, dan menjadi program rutin yang berkelanjutan "kata Jafar Sahubawa" selaku koordinator kegiatan.

#BersihPantaiTernate