Produksi Ikan

PELABUHAN PERIKANAN PANTAI PONDOKDADAP- MALANG MENDAPATKAN PENGHARGAAN SEBAGAI PENGINPUT DATA TERBAIK TAHUN 2018 DENGAN KATEGORI PALING AKTIF MELAKUKAN PENDATAAN DAN PENGINPUTAN DATA DI PIPP

Penulis : , | 16/08/2018 10:02

Selasa-Jumat, 7-10 Agustus 2018 Kementerian Kelautan dan Perikanan mengadakan kegiatan rapat teknis operator PIPP di Pranaya Boutique Hotel Lengkong Gudang, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Kegiatan rapat ini di buka oleh Bapak Frits P Lesnussa selaku Direktur Pelabuhan Perikanan. Dalam arahannya Bapak Direktur Pelabuhan Perikanan memberikan beberapa direktif khususnya pada peningkatan kinerja bagi seluruh operator pipp agar terwujud integritas data yang lengkap, akurat dan tepat waktu, dan setiap operator harus bersinergi untuk mendukung aplikasi pipp. Bapak Direktur Pelabuhan Perikanan juga memberikan apresiasi kepada Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap- Malang sebagai pelabuhan yang aktif melaporkan data produksi hasil tangkapan, dan harapannya agar aktivitas yang sudah berjalan baik di PPP Pondokdadap Malang dapat berkelanjutan dan semakin baik lagi. Daftar peserta yang mengikuti rapat ini sejumlah 37 pelabuhan baru se Indonesia.

Pemberian materi disampaikan oleh 5 Narasumber yaitu;

  1. Direktur Pelabuhan Perikanan tentang peran PIPP dalam mendukung kegiatan pelabuhan perikanan;
  2. Kasubdit PPI tentang evaluasi penerapan PIPP;
  3. Kepala Pusat Data dan Informasi tentang pelaksanaan onedata di pelabuhan perikanan;
  4. Kabag Program, Setditjen Perikanan Tangkap tentang perkembangan Data Sharing System (DSS) perikanan tangkap tahun 2018;
  5. Kasie Tata Operasional dan Kesyahbandaran PPI tentang pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja pelabuhan perikanan.

kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada 3 Pelabuhan yaitu Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi- Trenggalek, Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap-Malang dan Pangkalan Pendaratan Ikan Birea. Ketiga pelabuhan terbaik tersebut diminta untuk melakukan presentasi dengan menjelaskan kepada peserta tentang pelaksanaan PIPP di Pelabuhan Perikanannya masing-masing.

Pendampingan peserta rapat teknis operator PIPP dilaksanakan pada hari ke tiga. Kegiatan ini didampingi oleh panitia dan 3 orang dari pelabuhan terbaik. Dimulai dari pengenalan website PIPP, setelah itu diberikan simulasi modul pencarian data kapal, entry data kapal perikanan, pengisian data (keberangkatan, kedatangan, produksi ikan dan harga ikan), entry pemasaran, industri dan jasa perbekalan dan simulasi pengisian data profil pelabuhan perikanan serta simulasi menu entry berita. Peserta pelatihan sangat serius dan antusias dalam mendengarkan penjelasan dari pendamping. Di akhir sesi pelatihan ini diadakan uji coba pemahaman peserta terhadap pengoperasian aplikasi PIPP, dan mengisi kuisioner dari panitia. Kegiatan rapat ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada peserta dan dilanjutkan dengan foto bersama.