Produksi Ikan

Quickwins Program 1 Penertiban dan Penegakan Hukum Bagi Organisasi Radikal dan Anti Pancasila di PP. Grajagan

Penulis : , | 14/08/2018 14:54

Satpolairud Polres Banyuwangi telah melaksanakan kegiatan QUICKWINS PROGRAM 1 PENERTIBAN DAN PENEGAKAN HUKUM BAGI ORGANISASI RADIKAL DAN ANTI PANCASILA bersama masyarakat Pesisir Pantai di Pelabuhan Perikanan Grajagan Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. 

 

Kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh Kasat Polairud Polres Banyuwangi AKP Subandi,M.Si., disertai pejabat utama Satpolair dan personil Satpolair.

 

Giat QUICK WINS ini diikuti oleh kurang lebih 40 orang masyarakat nelayan dari wilayah Pelabuhan Perikanan Grajagan Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Giat ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Grajagan Supriyono, Bhabinkamtibmas Desa Grajagan Bripka Hidayat. , Bhabinsa Desa Grajagan Wahyu Sulistiyono, Anggota TNI AL POS Grajagan Serma Suyadi, Tokoh Agama Grajagan Bapak Hasan Bisri, Tokoh Masyarakat H. Suparyono, Ketua Pokwasmas Nelayan Pantai Grajagan Bapak Soleh, Pengelola IP2SKP Grajagan Bpk. Akhmad Supriyono, S.Pi.

 

Adapun uraian kegiatan dan susunan acaranya adalah :

(1). Pembukaan.

(2). Menyanyikan lagu Indonesia Raya.

(3). Sambutan - sambutan.

a). Sambutan Kepala Desa Grajagan Bapak Supriyono:

  • Ucapan terima kasih kepada Satpolairud Polres Banyuwangi yang telah melaksanakan Giat Quick Wins program 1 di pada masyarakat Nelayan Pelabuhan Perikanan Grajagan
  • Giat seperti ini efektif menangkal tumbuhnya gerakan radikal yg membutuhkan kerjasama berbagai pihak, termasuk antara kepolisian dgn nelayan.
  • Mengajak Masyarakat nelayan Pantai Grajagan untuk turut serta dalam menangkal Paham Radikalisme dan Anti Pancasila.

b). Sambutan Kasat Polairud Polres Banyuwangi AKP Subandi, MSi:

  • Pancasila dan NKRI adalah harga mati.
  • Pancasila merupakan ideologi pemersatu yang paling sesuai bagi bangsa Indonesia yg majemuk.
  • Kemajemukan bangsa Indonesia harus dijaga, oleh karena itu semua pihak harus mencegah berkembangnya gerakan yg memaksa utk mengganti ideologi Pancasila dg ideologi lain.
  • Sebagai Generasi Muda Bahwa akhir2 ini ada upaya untuk memecah belah Kesatuan NKRI, Maka dari itu diharap sebagai Pewaris Nilai2 Patriotisme untuk tetap menjaga Keutuhan dan Kesatuan NKRI.
  • Terorisme tidak hanya menimbulkan kerugian materil dan nyawa namun serta dapat menciptakan rasa takut  di masyarakat, sehingga dapat mencabik ikatan persaudaraan dan nilai-nilai toleransi yang sejatinya menjadi kultur budaya bangsa.
  • Mengajak Masyarakat nelayan untuk peduli terhadap kelestarian ekosistem laut.
  • Mengajak Masyarakat Nelayan Untuk Tidak membuang Sampah plastik di laut.
  • Mengajak masyarakat nelayan untuk lebih meningkatkan pemantauan dan pengawasan terhadap warga baru di lingkungan sekitar guna mengantisipasi terkait Pok Radikal dan Pemahaman Baru.
  • Menghimbau kepada masy. Nelayan agar lebih waspada terhadap perubahan Cuaca.bila cuaca buruk agar tidak pergi melaut guna meminimalisir Laka Laut. 

c). Kuis oleh Kasatpolair Res Bwi, AKP SUBANDI MSi.

d). Sambutan dan Ceramah agama tentang bahaya radikalisme oleh Tokoh Agama Desa Grajagan Ustad Hasan Basri :

  • Banyak ajaran agama yang melenceng karena belajar tidak dari sumber yg tepat.
  • Radikalisme berkembang karena pemahaman terhadap agama yg keliru.
  • Perlu kerjasama semua pihak agar proses pencegahan perkembangan radikalisme bisa berjalan.
  • Mengajak kepada masyarkat nelayan untuk lebih waspada terhadap warga pendatang baru yang memiliki pemahaman yang baru yang terkait Pok Radikalisme. 

(4). Penyerahan sarana kontak dari Polairud kepada 6 orang perwakilan nelayan, berupa life jacket, ringbuoy, Bendera Merah Putih, Foto Gambar Presiden dan Wakil Presiden Negara Republik Indonesia.

(5). Pembacaan dan penandatangan nota kesepakatan bersama penolakan terhadap segala gerakan radikal yang anti Pancasila dan anti toleransi. 

(6). Penutup dan Doa

Acara QUICK WINS ini berjalan dg aman dan lancar, diawali pkl 09.00 WIB s/d 11.30 WIB tujuan diadakannya QUICK WINS ini sebagai salah satu upaya menangkal perkembangan organisasi radikal di masyarakat, khususnya di kalangan nelayan di Pelabuhan Perikanan Grajagan Banyuwangi.